Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Peredam Kabin Datsun GO+ Panca

andy - Kamis, 20 Oktober 2016 | 16:35 WIB

Sudah menjadi rahasia umum bahawa Datsun GO+ Panca yang berada dalam segmen LCGC memiliki sedikit kekurangan di kabin. Ya, karena minimnya sistem peredam suara, berakibat polusi suara dari luar bisa masuk ke dalam mobil sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara. 

Demi meminimalkan efek polusi suara yang masuk ke kabin Datsun GO+ Panca, dibutuhkan penambahan sistem peredam kabin untuk meredam suara bising dari luar, seperti suara mobil, knalpot, ban, atau percikan air hujan. Untuk itu Anda bisa gunakan jenis peredam tempel seperti Automat di bagian dalam panel pintu, serta tambahan peredam thermoshield untuk bagian atap. 

“Kita memang sengaja hanya pasang di bagian atap dan pintu karena lebih efisien dari segi biaya dan waktu, serta mudah dalam pengerjaan. Setelah penggunaan Automat dan thermoshield sekarang mobil jadi lebih kedap suara dan lebih sejuk saat berada di kemacetan,” terang Adha dari komunitas Datsun GO Club Indonesia (DGCI). 

Jika kebanyakan pemasangan peredam membutuhkan waktu pengerjaan lama dan sulit, tidak dengan kreasi dari komunitas DGCI ini.

Hanya bermodalkan total 6 lembar Automat dan 1½ lembar peredam thermoshield, serta alat obeng plus, tang, cutter, serta kunci 14 mm, pemasangan peredam Datsun GO+ Panca ini bisa dilakukan dalam waktu antara 2-3 jam. 

Meski tak membutuhkan banyak perkakas dan peredam bisa Anda temukan di toko-toko aksesori otomotif, namun pemasangannya dibutuhkan ketelitian. Salah satunya adalah penempatan Automat di atap mobil secara terpisah, bukan satu lembaran utuh. 

“Peredam ini kan basisnya menggunakan material aspal sehingga cukup berat jika dipasang full di atap, sehingga lama-lama bisa menyebabkan atap jadi turun. Makanya kalau kreasi kita Automat dipotong kecil-kecil dan dipasang selang-seling. Pemasangan seperti metode kami saja sebenarnya menambah bobot mobil sekitar 20 kg, makanya pemasangannya lebih cermat saja,” tambah Adha. 

Apabila berminat mengaplikasikan sistem peredam kabin seperti dilakukan oleh komunitas DGCI ini, Anda bisa melakukannya sendiri. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian peredam pun tidak banyak, hanya sekitar Rp 500 ribu saja. 

Berminat untuk mencobanya? 


Step by Step Pemasangan Peredam 

Untuk mengetahui cara pemasangan peredam Datsun GO+ Panca ala komunitas DGCI, kami sudah siapkan langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba. 

  1. Lepas panel pintu dengan membuka dua sekrup di hendel pintu, serta mencongkel tombol power window dan tuas engkol jendela. Setelah itu lepas panel pintu secara perlahan agar tidak merusak pengait dari plastik. 
  2. Di balik panel Anda akan menemukan plastik pelindung yang bisa Anda lepas secara perlahan. Plastik ini bisa digunakan sebagai basis cetakan untuk memotong lembaran peredam. Sisa lembaran peredam nantinya bisa ditempelkan di bagian dalam pintu. 
  3. Setelah peredam dipotong sesuai pola plastik penutup panel, tempelkan sisa lembaran Automat di bagian dalam pintu. Pastikan peredam melekat dengan sempurna.  
  4. Sekanjutnya tempelkan lembaran Automat yang telah dipotong sesuai pola plastik menutupi area pintu secara keseluruhan. Pada langkah ini perlu diperhatikan agar lembaran peredam tidak mengganggu mekanisme buka-tutup pintu. 
  5. Sematkan kembali panel pintu secara perlahan dan rapat hingga seluruh pengait terkunci. Kemudian pasang sekrup pengunci panel pintu di bagian hendel pintu, serta tombol power window dan tuas engkol kaca jendela. 
  6. Berlaanjut ke pemasangan peredam aap. 
  7. Sebelum melepas plafon, terlebih dahulu lepas panel di pilar D, hendel pegangan tangan, karet pintu, sun visor, serta lampu kabin. Proses melepas plafon atap pun harus dilakukan secara hati-hati dengan menarik semua sisi secara perlahan. 
  8. Setelah plafon terlepas, pasang dua lembar Automat yang dipotong berbentuk persegi panjang secara selang seling antara bagian kiri dan kanan. 
  9. Setelah peredam Automat menempel sempurna di panel atap, tutup menggunakan lembaran thermoshield. Pastikan lembaran thermoshield dipotong secara rapi dan merata, serta tidak mengganggu jalur kabel lampu kabin maupun lubang sekrup untuk sun visor dan hendel pegangan tangan. 
  10. Pasang kembali plafon atap dengan cara menekan ke bagian atap hingga seolah menempel rata ke atap. Kemudian dilanjutkan pemasangan sun visor, hendel pegangan tangan, lampu kabin, serta panel pelindung pilar D. 

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa