Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KIA All New Sportage GT Line Ultimate Semakin Menyenangkan

andy - Kamis, 20 Oktober 2016 | 19:08 WIB

Sebanyak 30 unit Kia All New Sportage terjual selama perhelatan pameran otomotif di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Artinya, animo masyarakat terhadap Sportage generasi keempat ini cukup positif. 

Bisa jadi, mereka semua terpincut akan tampilannya yang semakin menawan. Dan memang tak bisa dipungkiri, hasil karya Peter Schreyer ini tampil jauh lebih modern dari generasi sebelumnya.

Tapi selain melihat tampilan, keputusan orang saat membeli mobil juga dipengaruhi impresi setelah melakukan test drive. Lantas bagaimana rasanya mengendarai mobil yang memiliki kode bodi QL ini? 

Baca juga: KIA Grand Sedona Ultimate: Mobil Keluarga Sejati

Impresi pertama ketika masuk ke kabin, dan duduk di jok berlapis kulit, rasanya seperti mirip seperti duduk di Sportage generasi sebelumnya. Posisi door trim yang tinggi membuat pengemudi seakan ‘tenggelam’. Untungnya jok yang memiliki sistem elektrik bisa mempermudah pengemudi mendapatkan posisi duduk ideal. 

Dari sisi visibilitas kendala kami hanya ketika melihat ke arah belakang melalui kaca spion tengah karena desain kaca belakang yang tidak terlalu besar. Selain itu pandangan ke segala arah termasuk lapang. 

Cukup tekan tombol Start/Stop untuk menyalakan mesin, suara dari mesin Nu 2.0 Dual CVVT ini cukup halus terdengar dari dalam kabin. Mesin yang memiliki kapasitas 1.999 cc ini mampu menghasilkan tenaga masksimum di angka 158 ps pada putaran 6.200 rpm, serta momen puntir yang mencapai 192 Nm di putaran 4.000 rpm. 

Sumber tenaga yang juga digunakan pada generasi sebelumnya ini masih disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Yang menarik, pada All New Sportage sudah ditambah paddle shift untuk mempermudah pengemudi melakukan perpindahan gigi tanpa menggeser tuas shiftmatic. 

All New Sportage dilengkapi tiga mode berkendara: Eco, Normal, dan Sport. Ketika tombol Drive Mode ditekan, terdapat indikator Eco maupun Sport yang akan tampil di panel instrumen. 

Perbedaan antara mode Eco dan Sport lebih kepada respons mesin terhadap injakan pedal akselerator. Di mode Sport, sedikit saja pedal gas ditekan, mesin langsung berputar responsif. Begitu juga sebaliknya, saat mode Eco respons pedal gas seperti ada delay untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap efisien. 

Tak hanya untuk pria, wanita pun rasanya akan mudah mengendarai mobil yang berbagi platform dengan Hyundai Tucson ini. Berkat penggunaan Motor Driven Power Steering (MDPS) putaran lingkar kemudi yang berbentuk flat bottom sangat ringan ketika diputar. Terlebih, fitur parking sensor sudah menjadi peranti standar untuk mempermudah ketika parkir mundur. 

Selain itu, dengan harga lebih dari Rp 400 juta, All New Sportage juga sudah dilengkapi beragam fitur unggulan seperti 6 buah airbag, Vehicle Stability Management (VSM), Hill-Start Assist Control (HAC), serta Downhill Brake Control(DBC) yang cukup jarang disematkan di mobil-mobil Kia yang beredar di Indonesia. 


KIA All New Sportage Gt Line Ultimate 

Harga Rp 425 juta (off-the-road)
Dimensi (PxLxT)  4.480 x 1.855 x 1.645 mm
Wheelbase 2.670 mm
Mesin 4 Silinder DOHC  D-CVVT, 1.999 cc 
Tenaga maksimum 158 PS/6.200 rpm 
Torsi maksimum 192 Nm/4.000 rpm
Transmisi  Otomatis 6-speed, FWD
Velg, ban  Alloy wheel, 245/45 R19 

     
     

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa