Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Ganti Slang Rem ABS, Sebaiknya Pakai Brake Bleeder

Minggu, 13 November 2016 | 23:26 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Atas dasar tampilan dan daya tahan, banyak modifmania yang mengganti slang rem biasa dengan yang beranyaman kawat baja atau braided brake lines (gbr.1). Untuk rem standar tentu relatif lebih mudah, sedang yang ABS ternyata lebih rumit.

No caption
No credit
No caption
Gambar 1

Kendala pertama, ternyata jarang toko atau bengkel yang sedia slang rem khusus motor ABS. “Biasanya harus pesan dahulu, karena enggak ready stock,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing di Arteri Kelapa Dua, Jakbar.

Kendala kedua pada proses pemasangan, terutama ketika melakukan bleeding atau memompa minyak rem sampai angin habis. “Slang remnya kan lebih banyak dan salurannya panjang, sehingga butuh waktu lebih lama,” ujar Tomy Bramudia, dari bengkel Ngayun Speed, yang juga di Arteri Kelapa Dua.

Bisa begitu karena untuk rem ABS, dari master rem baik depan maupun belakang, tersalur dahulu ke modulator (gbr.2) yang biasanya terletak di bawah jok. Dari sana baru diumpan ke kaliper di kedua roda. Dengan jalur yang panjang, tentu saja memompanya jadi lebih lama. Lantas bagaimana sih cara ganti slang rem ABS?

No caption
No credit
No caption
Gambar 2

Menurut Sudirjo, jika ingin lebih cepat bisa dibantu dengan disedot pakai suntikan (gbr.3). “Setidaknya enggak selama jika hanya dipompa secara manual,” terang pria yang akrab disapa Dirjo ini. Cara ini mesti dilakukan gantian pada kaliper roda depan dan belakang.

No caption
No credit
No caption
Gambar 3

Mau lebih cepat dan praktis? Menurut Aris Sudiaji, dari bagian servis PT Kawasaki Motor Indonesia, ternyata mesti pakai brake bleeder (gbr.4), yaitu alat untuk menyedot minyak rem. Brake bleeder ini berupa tabung yang atasnya terdapat slang yang dihubungkan ke nipel kaliper, dan ada pipa dengan kran.

No caption
No credit
No caption
Gambar 4

Pipa ini dihubungkan dengan kompresor karena kinerjanya dengan memvakum tabung, sehingga minyak rem tersedot. Penggunaannya, setelah slang rem semua diganti, tinggal pasang brake bleeder kemudian sedot minyak rem sampai gelembung udara habis (gbr.5).

No caption
No credit
No caption
Gambar 5

“Selama penyedotan jangan sampai minyak rem di master habis, harus segera ditambahkan jika kurang (gbr.6),” wanti Aris. Jadi mudah deh! • (Aant / otomotifnet.com)

Gambar 6

Anjany Racing : 0821-9456-913
Ngayun Speed : 0818-737-101  

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa