Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Kamera 360 Derajat, OEM Ada, Universal Ada

Parwata - Rabu, 9 November 2016 | 08:30 WIB

Jakarta - Bukan lagi eksklusif di mobil mahal, kamera 360 derajat kini bisa diaplikasikan di semua mobil Teringat pertama kali Nissan memperkenalkan teknologi Around View Monitor pada Nissan Elgrand di tahun 2008, bahkan hingga sekarang pun tetap memukau bagaimana fitur ini dapat menampilkan gambar di sekeliling mobil menggunakan empat kamera yang disebar di sekujur bodi.

Perlahan, berbagai pabrikan pun mengadopsinya, menjadikan fitur ini makin populer dan menjadi nilai plus ketika seseorang memilih sebuah mobil. Hyundai dengan Eagle’s Eye View, BMW dengan Surround Vision dan terbaru Mitsubishi dengan 360? Vision yang jadi variasi nama kamera 360 derajat untuk masing-masing mobil tersebut.

Namun bagi mobil yang belum tersedia fitur ini, PT Kramat Motor kini bisa menghadirkan tampilan panoramic ini di mobil anda. “Kita tersedia versi universal yang bisa untuk semua mobil dan OEM, tapi yang OEM pilihannya masih terbatas,” ujar Erik Jeo, Manager PT Kramat Motor.

Untuk sementara, versi kamera 360 derajat OEM hanya tersedia untuk All New Mitsubishi Pajero Sport saja, sedangkan untuk All New Toyota Fortuner dan Kijang Innova akan segera diluncurkan. Bagaimana teknologi ini memungkinkan? Dengan menempatkan kamera super wide angle di depan, kiri, kanan dan belakang, maka sebuah ECU menggabungkan atau ‘menjahit’ gambar dari masing-masing kamera tersebut. Kemudian didapatkanlah gambar penuh secara real time dari sekeliling mobil, seakan ditempatkan sebuah kamera dari atas mobil.

“Teknologi ini bisa untuk semua mobil, yang penting di head unit ada AV Input untuk menampilkan gambarnya, juga dihubungkan ke lampu mundur sehingga otomatis menyala saat transmisi di R,” tambah Erik. Berapa harganya, berapa lama pemasangan dan apa beda dari versi OEM dan universal? Baca lengkapnya di bawah ya. Sano/otomotifnet.com

Kramat Motor (021 4516532)
Autodio Sunter (021 29461236)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa