Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menjelajahi Calico Ghost Town, Kota Sepi Yang Berhantu?

Senin, 21 November 2016 | 12:43 WIB

Calico - Saat melakukan perjalanan  dari Las Vegas menuju Los Angeles, terlihat baliho yang berbentuk seorang penambang khas Amerika dengan tulisan Calico Ghost Town di bawahnya. Lokasinya sekitar 141 mil atau sekitar 225 km dari Las Vegas. Merasa penasaran OTOMOTIF pun memutuskan untuk mampir. Ada hantunya ga ya?

Keluar dari highway,  perjalanan dilanjutkan memasuki jalan desa yang lurus dan panjang. Meski hanya dua jalur aspalnya terbilang mulus. Tetapi lagi-lagi enggak bisa ngebut karena banyak rambu pembatas kecepatan yang bertebaran.

Sesampai di lokasi, saat masuk gerbang, pengunjung diwajibkan membayar US$ 8 per orang untuk dewasa. Calico Ghost Town ternyata kota mati yang dulunya adalah tempat penambangan perak.

Berdiri sejak tahun 1881 saat demam perak melanda California. Ada 500 tambang yang berfungsi saat itu, mampu menghasilkan lebih dari US$ 20 juta atau setara Rp 260 miliar selama hampir 12 tahun.

Namun seiring dengan menghilangnya nilai perak pada pertengahan tahun 1890-an maka kota itupun mulai ditinggalkan penghuninya sehingga menjadi kota hantu atau Ghost Town.

Baru pada tahun 1950-an, seorang bernama Walter Knott membei kota itu dan merenovasinya. Lalu pada tahun 2005 kota ini resmi menjadi salah satu State Historical Landmark 782 dari pemerintah California. Diresmikan oleh Arnold Schwarzeneger yang menjadi Gubernur California saat itu.

Kini kota ini menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun maca negara. Di dalamnya pengunjung bisa melihat kondisi kota seperti dulu ketika masih ‘hidup’. Ada restoran, pemadam kebakaran, toko, penjara, kantor polisi, kereta api dan lainnya. Ternyata ga ada hantunya bro... • (Pilot / otomotifnet.com)   

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa