Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Segmen Baru Mercedes-Benz X-Class Concept

andy - Kamis, 1 Desember 2016 | 14:18 WIB

Setelah Volkswagen sebagai pabrikan Jerman garap Double Cabin, sekarang giliran Mercedes-Benz ikutan di segmen yang benar-benar baru bagi mereka. Dengan nama X-Class, double cabin atau pickup yang lebih dikenal sebagai mobil pekerja ini digarap dengan nuansa premium. Mercedes-Benz X-Class Concept

Menurut rencananya, mobil ini akan dijual pada 2017 nanti. Adapun target pemasaran dari mobil ini ialah negara-negara yang banyak menjual dan juga membutuhkan mobil jenis double cabin. Seperti Argentina, Brazil, Afrika Selatan, Australia termasuk Selandia Baru serta wilayah Eropa tentunya.

Tak tangung-tanggung, bahkan Mercedes-Benz menghadirkan dua mobil konsep sekaligus yang sangat berbeda gaya. Pertama unit berwarna emas atau yang disebut sebagai ‘Powerful Adventurer’ telihat jauh lebih sangar dengan kombinasi ban tapak kasar yang siap menjelajah ke medan off-road sekalipun. Sementara unit warna silver yang diperkenalkan dengan nama ‘Stylish Explorer’ justru tampil menawan bak mobil city slicker dengan velg berukuran besar.

Rencananya, untuk varian teratas, X-Class bakal dilengkapi mesin diesel konfigurasi V6 yang dikombinasikan gerak empat roda permanen khas Mercedes-Benz yakni 4MATIC. Torsi besar yang dihasilkan mesin tentunya akan membuat mobil ini lebih mumpuni digunakan pada beragam kondisi jalan. Tak hanya itu, sistem gerak empat rodanya pun akan dikombinasikan dengan Electronic Traction System serta dua buah Differential Lock yang akan menjaga roda kanan dan kiri bergerak secara bersamaan.

Tak seperti kebanyakan mobil pekerja yang memanfaatkan per daun di bagian belakangnya, karena mobil ini menggunakan basis Nissan NP300 Navara, konstruksi suspensi belakang tetap mempertahankan per keong. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan berkendara tanpa mengurangi performa dari suspensi itu sendiri.
Lantas apa saja perbedaan antara ‘Powerful Adventurer’ dan ‘Stylish Explorer’?

Powerful Adventurer

Sesuai namanya, X-Class berkelir emas ini dibuat seakan-akan siap melahap medan berat sekalipun. Lihat saja roda yang digunakan. Velg palang enam yang dibalut warna hitam dikombinasikan ban bertapak kasar yang siap melahap jalan berlumpur sekalipun. Secara garis besar tampilan keduanya tidak berbeda jauh, hanya saja pada bagian gril Powerful Adventurer terdapat dua garis horizontal.

Lantas di bagian bawah bumper terdapat winch sebagai alat evakuasi jikalau mobil ini tak lagi mampu menyelamatkan diri di jalan berlumpur atau tanjakan curam. Bagian fender, Mercedes-Benz X-Class Concept sengaja memberikan nuansa hitam yang menyatu hingga ke bagian side skirt.

Tampilan belakang juga tak kalah sangar. Desain lampu belakang dibuat vertikal pada ujung bak. Sementara pintu belakang dibuat kisi-kisi besar dan dibalut warna hitam. Sama seperti depan, winch juga disematkan pada bumper belakang.

Perbedaan mencolok juga terlihat di bagian interior. Sesuai temanya, balutan warna kuning keemasan juga terlihat di dalam kabin utamanya di bagian bawah dasbor dan juga sebagian door trim. Pada bagian dasbor sisi penumpang, mobil ini juga dilengkapi fire extinguisher. Seluruh jok dilapis bahan kulit berwarna hitam yang dikombinasi warna kuning pada bagian sudutnya.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa