Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk Nikola One Ini Punya Tenaga 1.000 dk dan Nol Emisi

Fransiscus Rosano - Senin, 5 Desember 2016 | 14:12 WIB

Utah - Bayangkan kalau sebuah truk punya tenaga 1.000 dk, namun tetap ramah lingkungan dengan nol emisi. Nikola Motor Company mungkin akan mewujudkannya sebentar lagi dengan karyanya, Nikola One.

Bertempat di sebuah event di Salt Lake City, Utah, Nikola Motor Company - sebuah perusahaan yang mendesain dan memanufaktur kendaraan elektrik, mengumumkan sebuah semi-truk elektrik yang disebut Nikola One.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Nikola One yang bermesin listrik ini memiliki tenaga 1.000 dk, torsi 2.711 Nm atau kira-kira hampir dua kali dibanding semi-truk sekelasnya. Meski memiliki tenaga besar, jarak tempuh truk listrik ini tergolong jauh yaitu sekitar 1.290 km hingga 1.930 km sekali charge penuh.

Semua itu dimungkinkan karena Nikola One memiliki mesin penggerak full elektrik yang ditenagai oleh baterai lithium berdensitas tinggi. Energinya akan disuplai oleh fuel-cell hidrogen, sehingga selain memberi keuntungan di sektor energi dibanding kompetitor bermesin dieselnya, sektor emisi juga menjadi highlight karena tidak ada emisi yang dikeluarkan.

Nikola One digolongkan sebagai truk kelas 8 (class-8 truck) dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

CEO dan founder dari Nikola, Trevor Milton, kini sedang berusaha mewujudkan semua ini dengan mempersiapkan pembangunan pabrik yang memanfaatkan kerja sama dengan beberapa negara bagian di Amerika Serikat untuk mengurangi ketergantungan negara Paman Sam tersebut dengan bahan bakar fosil, memajukan green energy dan merevolusi industri truk.

Milton juga mengumumkan rencana Nikola untuk membangun jaringan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di Amerika Serikat dan Kanada mulai Januari 2018.

Sementara program penyewaan atau leasing akan menyediakan bahan bakar hidrogen tak terbatas, garansi hingga servis rutin dalam perjanjian 72 bulan.

Hmm, terbayang kalau truk di Indonesia semua seperti ini?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa