Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Ganti Warna Spidometer, Warna Warni Pakai Remote

Jumat, 16 Desember 2016 | 13:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bosan dengan tampilan spidometer standar, atau kurang nyaman dengan warna dasar bawaan pabrik? Kalau iya dimodifikasi saja! Mau warna apa saja ternyata bisa! Merah? Hijau? Atau kuning stabilo ala Valentino Rossi pun gampang tinggal pencet remote, nah bagaimana caranya? Simak nih tips ganti warna spidometer digital!

“Gampang, aplikasi saja LED RGB (gbr.1) sebagai pengganti lampu spido,” buka Heru Prihantoro, dari Mazped, bengkel rumahan yang getol utak-atik sistem elektronika motor dan mobil.

No caption
No credit
No caption

Dengan penggunaan LED RGB (red green blue) yang merupakan 3 warna dasar, maka dari kombinasinya bisa menghasilkan semua warna. Lalu bagaimana mengubahnya?

“Pakai module controller LED RGB yang dilengkapi remote infra red (gbr.2),” terang pria 32 tahun ini. Dengan remote module controller ini pula, bisa diatur juga tingkat kecerahannya, misal saat malam diredupkan agar enggak silau.

No caption
No credit
No caption

“Malah bisa juga diseting flash, warna berubah tiap beberapa detik,” lanjut Heru yang beralamat di Pabuaran Tumpeng, Karawaci, Tangerang. Masih banyak menu lainnya, tuh lihat saja remotenya (gbr.3).

No caption
No credit
No caption

Untuk instalasinya ternyata tak terlalu rumit. Setelah spidometer dibongkar, letakkan LED RGB ini menggantikan aslinya, misal di Yamaha NMAX ada di sisi bawah (gbr.4).

No caption
No credit
No caption

Kemudian module controller dipasang di balik spido (gbr.5), sedang sensornya diletakkan di atas biar tak terhalang. Untuk arusnya tinggal dicarikan positif dan negatif bawaan motor.

Sementara lampu spido bawaan motor menurut Heru cukup ditutup pakai lakban saja, biar cahayanya terhalang, karena kalau dilepas biasanya cukup susah.

Berapa biayanya? Ternyata terjangkau, Rp 200-230 ribu saja untuk semua motor yang sudah pakai spidometer digital. • (Aant / otomotifnet.com)

Mazped: 0878-7148-8426

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa