Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Jeep Wrangler Rubicon JK 2012 Merah Putih Istimewa!

Parwata - Jumat, 16 Desember 2016 | 22:44 WIB
No caption
No credit
No caption

Disiapkan untuk off-road berat sekaligus turing jarak jauh, JK ini pun penuh komponen istimewa…

Jakarta - Main ke bengkel seringkali berbuah manis. Seperti saat mengintip FJ40 bermesin LS yang sedang digarap di JAS Motor, ternyata ada satu Jeep Wrangler JK yang modifikasinya tak kalah sadis.

Pertama melirik, pasti karena kombinasi warna putih merah yang segar dan menarik pandangan. Bodi putih dipadu bumper merah terang, serta pelek putih dengan beadlock merah, kombinasi yang langka.

Menurut Joni Agus Salim, punggawa bengkel JAS, JK yang pemiliknya dirahasiakan itu dibangun untuk turing jarak jauh dan tentu saja harus siap off-road. Maklum, turing pakai 4x4 enggak mungkin tanpa off-road.

Itu tampak jelas setelah melihat lebih dekat. Spesifikasi komponen yang tersemat bukan barangbarang biasa.

Yuk kita lihat lebih dekat apa saya yang tersemat pada JK satu ini. • Farman/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Gardan depan

- Membawa ban 37 inci, serta disiapkan untuk off-road berat, tentu gardan mendapat perhatian khusus. Gardan depan diganti produk Teraflex yang lebih kokoh, diisi as roda dengan RCV 35 Spline heavy duty. Gardan belakang dilengkapi as roda Nitro Gear Heavy  Duty Rear 35 Spline. Dua gardan itu kemudian lengkapi ARB Air Locker, lalu final gear pun diganti Yukon 4.88. Semakin tenang setelah as kopel menggunakan JE Reel HD tipe heavy duty.

No caption
No credit
No caption
Kaki-kaki

- Mengincar sosok jangkung dengan ban besar, maka dipasang fullset lift kit 4 inci dari ICON, lengkap dengan sokbreker coilover adjustable serta bump stop-nya. Kit seperti ini menjami pengendalian tetap normal, meski sudah dibuat jangkung.

No caption
No credit
No caption
Kabin

- Tampilan kabin nyaris standar, namun jok dan trim pintu dilapis kulit Autoleather Nappa yang terkenal lembut, juga beberapa pernik unik seperti tuas transmisi serta rem tangan berwarna merah, agar senada dengan eksteriornya.

Agar perjalanan lebih nikmat,  audio di-upgrade dengan DVD player Alpine, serta radio komunikasi yang terpasang di atap bagian depan.

No caption
No credit
No caption
Supercharger

- Bila tak memperhatikan intercooler merah di belakang gril, sekilas akan sulit mendeteksi kehadiran Supercharger Ripps pada mesin V6, 3.600 cc ini. Pemilihan Ripps karena dinilai lebih praktis, serta karakter tenaganya lebih cocok untuk kendaraan off-road yang butuh torsi besar serta tenaga dari rpm rendah.

Selain itu, juga dilakukan penyempurnaan pada bagian lain, seperti filter udara buatan K&N serta exhaust Borla. Penyesuaian terhadap pemasangan supercharger dilayani piggyback Diablo Tuner. Semua kombinasi ini menambah tenaga 100 dk dari kondisi standar, dari 280 dk menjadi 380 dk! Fantastis untuk sebuah perangkat bolt-on.

Pelek dan ban

- Pilihannya adalah pelek TR yang diwarnai putih, lengkap dengan beadlock merah. Ban jatuh pada Goodyear MTR 37 inci, yang membuat tongkrongan JK semakin sangar. Ban sebesar itu tentu membawa masalah tersendiri bagi JK, maka dibantu dengan pemasangan big brake kit Willwood di depan dan BAER di belakang, ditambah master silinder dari Terraflex.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa