Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Dodge Fargo 1957 Innofargo

Parwata - Kamis, 22 Desember 2016 | 07:39 WIB

Ketika sebuah MPV dijadikan tumbal. Pikap lawas Amerika ini membuktikan dirinya sanggup jadi andalan sehari-hari

Jakarta - Dodge Fargo ini memang sengaja dirancang untuk keperluan daily use. Warawiri kemana saja? Oke! Dan selalu siap dibawa keluar kota oleh sang empunya.

Adalah Albert, sang pemilik Dodge Fargo 1957 merah yang dibantu sahabatnya Christoper Lee, dalam merancang konsep restorasi pikap ini. Boleh dibilang, restorasinya gokil.

Demi kenyamanan serta kepraktisan, Albert dan Chris rela mengorbankan sebuah mobil untuk dijadikan ‘tumbal’ bagi Fargo-nya. Sebagai ‘korbannya’ adalah sebuah Toyota Kijang Innova 2005, yang diangkat bodinya hingga tersisa sasis, suspensi dan mesin.

Jadi hanya bodi luar pakai Fargo, namun sisanya sudah ganti milik Kijang Innova. Itulah mengapa dinamakan Innofargo.

Ubahan ini pun sudah dipikir matang-matang. Panjang total sasis Innova yang 2,75 meter ini dirasa cocok dengan dimensi Fargo. Begitu juga dengan wheelbase dan wheel track Kijang Innova, yang ‘sebelas duabelas’ dengan dimensi Fargo.

Hasilnya, tak perlu lagi memotong, menambah daging, memajukan atau memundurkan wheelbase dan wheel track. Sehingga operasi pencangkokan bisa dilakukan lebih cepat dan tanpa ada perubahan berarti.

Pertama, kabin Fargo disandingkan dengan sasis Innova. Dudukan untuk kabin, masih gunakan sepasang punya Innova. Sedangkan dudukan sasis belakang, posisinya diubah mengikuti bak Fargo. “Yang tadinya posisinya di luar, dibuat jadi di dalam sasis. Jadi pas dengan dudukan bak Fargo,” jelas Chris.

Hasilnya, Albert mengakui kalau sasis Kijang Innova lebih lentur dan nyaman dibandingkan sasis aslinya. “Jadi enggak terasa kalau lagi bawa pikap,” kekeh bapak tiga anak ini. • Rendy/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Mesin: Piggyback Dastek Unichip. filter udara K&N

Interior: Dudukan bodi custom, per Eibach, lampu belakang aftermarket model iron cross, custom bumper depan, custom ring lampu depan, custom kaca depan dan jendela model one piece, custom lampu sein depan Jeep CJ-7, cat merah Danagloss + xirallic, pernis Spies Hecker

Eksterior: Custom aksen kayu bak belakang, custom jok depan Toyota kijang Innova, dudukan transmisi custom, custom side foot step, meter cluster Innova

Kaki-kaki: suspensi Toyota Kijang Innova, pelek Ridler 17x(7+9,5) inci, ban Bridgestone Potenza 205/45R17 (depan) 245/45R17 (belakang)

Plus: Eye catching, daily use
Minus: Buat penyuka mobil antik orisinal mungkin gaya ini tidak cocok

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa