Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX 135, Atas Bawah Laju

Rabu, 21 Desember 2016 | 11:05 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Hobi oprek motor Bagas Setiawan makin menjadi setelah sering turun di gelaran fun race. Biar mampu berjibaku di kelas bebek 150 cc, Yamaha Jupiter MX 135 hasil colekannya dikorek tembus 23 dk. Simak apa saja yang langkah Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX 135 dilakukan pemilik bengkel KM.18 EAST Team ini. (Fariz / otomotifnet.com)

 

Blok & Piston
Sesuai regulasi fun race, mesin boleh naik sampai 150 cc, makanya piston SCK asal Negeri Jiran dipasang. “Piston ini punya dome tinggi sampai 3 mm makanya perbandingan kompresi jadi 13,2:1 tanpa papas kepala silinder,” jelasnya.

Kepala Silinder
Klep diperbesar jadi 23 mm in dan ex 20 mm, dikombinasi dengan noken as custom untuk mengejar tenaga atas, “Durasi dibuat 262°, lift-nya 9,4 mm sama untuk in dan ex,” rincinya. “Sedang per klepnya pakai tanpa merek, yang pasti lebih keras supaya tidak telat menutup di putaran tinggi,” yakin Bagas sapaan akrabnya.

Pengapian
BRT I-Max YZ 16 Step dipasang, selain itu bobot magnet juga ikut dipangkas habis. “Magnet diganti rotor 357 gram, standarnya sih berat banget, magnet 2,4 kg. Sengaja dibuat ringan agar putaran rpm bawah lebih cepat, karena karakter noken as sudah difokuskan di putaran atas,” terangnya.

Hasil Dyno
Biar enggak penasaran, langsung ukur di atas dynamometer Dynojet milik Duta Motor Sport di Jl. M.Hasibuan, Bekasi Barat, Jabar. Klaim pabrikan motor ini punya tenaga maksimum 12,3 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 12,14 Nm di 6.000 rpm. Setelah upgrade, sekarang power maksimum menjadi 23 dk di 12.400 rpm dan torsi maksimumnya 14,06 Nm pada 9.250 rpm. Mantap!

Duta Motor Sport : 021-88345166
KM.18 EAST Racing : 081293409943

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa