Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Opel Blazer 2001 Service Car Bisa, Audio Bisa

Parwata - Minggu, 25 Desember 2016 | 01:31 WIB

Bila kebanyakan berpendapat bagasi belakang sudah tak bisa terpakai dengan adanya modifikasi audio, beda kisahnya dengan Blazer ini

Jakarta - Punya bengkel spesialis Chevrolet di Mega Glodok Kemayoran, Jakut. Budi Cahyono hampir tidak ada waktu bebas, selain mengurusi mobil pelanggannya. Menemaninya jika ada yang butuh service portable, adalah Opel Blazer yang dimiliki dari baru.

Sayangnya, selain untuk membawa suku cadang, Budi juga butuh hiburan lebih. Beruntung tepat di belakang gerainya ada workshop Rizki Audio, yang biasa mengutak-atik in car entertainment.

“Saya bawa ke belakang, coba minta dibuatkan konfigurasi audio yang nyaman untuk harian. Tapi saya request khusus tidak menghilangkan fungsi bagasi, agar tetap bisa membawa berbagai macam spare parts,” jelas owner Sala3 Motor tersebut.

Menanggapi request-nya, Pujiono, punggawa Rizki Audio, menyiapkan desain boks di bagasi yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang.

“Daripada hanya memakan tempat, boks di bagasi saya buatkan ada banyak kompartemen kecil yang berfungsi sebagai lemari. Jadi perlu mengakali agar power amplifier dan speaker yang diletakkan di bagian atas tidak terlalu menghabiskan ruang,” tutur Puji.

Karena tidak pernah digunakan untuk show off, maka konfigurasi audio di belakang sengaja diarahkan ke depan agar pengemudi dan penumpang lainnya lebih mendapat efek surround.

Pilihan speaker jatuh ke komponen 2-way dari MBQ, pun untuk bagian depan dipakaikan 3-way dari MBQ juga. Agar masing-masing speaker memiliki output yang memadai, power amplifier yang diletakkan di atas boks menggunakan 1 buah 4-channel untuk sistem di depan beserta subwoofer dan 1 buah 2-channel untuk sistem speaker di belakang.

Oh iya, boks subwoofer pasif dari JL Audio juga dibuatkan kompak, sehingga tidak memakan banyak tempat di bagasi belakang. “Sengaja pakai 12 inci agar dentumannya kuat, tapi model pasif begini juga tidak boros ruang di belakang,” tambah Puji.

Kini, selain sanggup menghibur sang pengemudi sebelum menemui konsumen. Menunggu servis pun bisa lebih rileks sambil menikmati aluran musik. Ide yang bagus! • Sano/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Head Unit: Pioneer AVH-P1400DVD
Speaker Depan: MBQ audio Quadt 3-way
Speaker Belakang: MBQ audio RS 160E 2-way
Subwoofer: JL Audio 12W1V3-4 12 Inch
Power Amplifier: 4-channel Zapco ST-4XII Full
Range Class-AB, 2-channel Zapco ST-2X Full
Range Class AB

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa