Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bocoran Dokumen Internal GM, Akhirnya Corvette Pakai Mesin V8 DOHC Lagi?

Fransiscus Rosano - Kamis, 29 Desember 2016 | 18:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Berbeda dengan kebanyakan, mesin V8 Chevrolet Corvette masih menggunakan pushrod alih-alih overhead cams yang biasa diaplikasikan mesin modern.

Nah mengacu pada dokumen General Motors (GM) yang baru saja bocor, ada indikasi akhirnya muscle-car Amerika tersebut akan memakai mesin V8 DOHC lagi. Kami sebut lagi karena Chevrolet sempat menggunakan mesin V8 DOHC di Corvette ZR-1 yang diproduksi dari tahun 1990 hingga 1995 dengan mesin berkode LT5.

Well, menurut bocoran dokumen GM yang bisa dilihat di bawah, kode mesin LT5 yang sama tersebut muncul lagi di 2018 Corvette (Corvette model year 2018) yang akan segera diluncurkan tahun depan.

Mesin LT5 tertera untuk kode mobil Y, yang merupakan Chevrolet Corvette

Mesin LT5 yang dimaksud memiliki kapasitas 6,2 liter (6.200 cc), 8-silinder berkonfigurasi V, direct injection, variable valve timing, blok aluminium dan DOHC (Dual Over Head Cams).

Sebelumnya dirumorkan mesin ini akan membuat comeback sebagai versi dengan twin-turbocharger dari mesin LT4 ber-supercharger pada Corvette Z06, namun data dari dokumen di atas tidak menunjukkan kode forced induction seperti ‘TURBO’ atau ‘SC’ (supercharger) pada mesin LT5.

Selanjutnya, mesin ini dihubungkan pada 2018 Chevrolet Corvette karena mesin ini didaftarkan di kode ‘Y’ yang berarti digunakan di Corvette, sesuai yang tertera pada legenda seri kendaraan pada detail dokumen tersebut.

Menurut Motortrend.com, besar kemungkinan mesin ini akan terlihat di generasi Corvette ZR1 selanjutnya, yang tentunya dirumorkan akan lebih kuat dibanding Corvette Z06.

Mengapa DOHC?

Keunggulannya dibanding Pushrod, mesin berteknologi DOHC dapat mencapai putaran mesin tinggi lebih mudah dan dapat memfasilitasi variable valve timing independen. Bila benar, mungkin saja mesin ini akan menjadi jawaban bagi rumor supercar Corvette Zora dengan mesin tengah, yang siap bersaing dengan Ford GT atau bahkan sebuah Ferrari. (Otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa