Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Nissan 200SX 1994, Silvia Face Off

Jumat, 6 Januari 2017 | 21:27 WIB

Trio kakak beradik ini kompak dengan bedah plastik ala Silvia S15 

Jakarta - Buat Ziko, Nissan 200SX sudah enggak asing lagi. Kedua kakaknya, Dipo Dwiki dan Bimo juga pakai 200SX untuk drift. Tapi kerennya, Ziko dan para kakaknya kompak tampil beda dengan melakukan bedah wajah pada modifikasi Nissan 200SX milik mereka, yakni front-end swap wajah Silvia S15. 

Cara ini emang lagi tren di kalangan para pecinta 180SX dan 200SX di Jepang dan Amerika. Sebab, wajah Silvia S15 lebih cantik berkat sepasang head lamp proyektor yang tajam. 

Selain itu, Ziko juga terinspirasi dengan sosok Rocket Bunny S15 dan Rocket Bunny 200SX. “Jadi sekalian digabungin, muka Silvia S15 tapi bodi 200SX, plus pakai fender flare dan body kit custom ala Rocket Bunny,” tambah Ziko. 

Sebenarnya, Zico sudah beli front-end Silvia S15 komplet. Namun karena sayang kalau sampai rusak dipakai drift, jadi cetak ulang deh pakai fiberglass. “Sudah jarang soalnya di pasaran, lagipula lebih enteng juga,” terang Dipo. 

Pemasangannya butuh sedikit penyesuaian. “Dimensinya sih hampir sama, tapi sedikit beda di dudukan fender sama kap mesin. Butuh beberapa kali fitting biar pas,” ujar Dipo. * (Tom / otomotifnet.com)
 
Mesin Lebih Kompetitif

200SX ini aslinya pakai mesin CA18DET. Tapi karena untuk drift, sempat diganti SR20DET. Ziko masih kurang puas, akhirnya mesin 6 silinder legendaris 2JZ-GTE jadi pilihan terakhirnya. 

“2JZ-GTE lebih kuat, perawatan lebih gampang dan tenaganya lebih besar. Sementara SR20DET lebih ringkih,” sahut Dipo dan Ziko kompak. 

Agar lebih kompetitif, turbo sekarang sudah pakai Garrett GT30R dengan bilah twin scroll dari Garrett T3 hybrid.  Boost dipatok 0,9 bar pas drift. Internal juga lebih kuat dengan mengganti piston CP. 

Ketika di-dyno, tembus 308 dk dengan torsi 391 Nm. Lebih dari cukup untuk menjaga agar powerband tetep ngisi saat sideways

Data Modifikasi:

Custom front-end fiberglass Nissan Silvia S15, custom body kit & fender flare ala Rocket Bunny, custom sasis belakang tubular, mesin 2JZ-GTE, piston CP, turbo Garrett GT30R custom hybrid Garrett T3 blade, transmisi W58, kopling Exedy, intercooler Treadstone, throttle body 1JZ-GTE, injektor FIC 1.000 cc, dua wastegate TiAL MVS, custom exhaust manifold, engine management stand alone Haltech PS2000, fuel rail FIC, fuel pressure regulator Aeromotive, fuel pump Walbro 400 liter/menit, custom tangki bensin & surge tank, coilover ISC, suspension kit (arm, super angle, knuckle) Driftworks, undercarriage Ikeya Formula, radiator Koyorad, pelek Work Kiwami 18x(9,5) inci, ban Achilles 123S 265/35R18. 

Rumah Modifikasi:
Mesin: Inspiration, Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi.
Bodi: Brilliant: Jl. Kol. Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur.
Cat: Wahana Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa