Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audio Mercedes-Benz G300 1993, Anti-Mainstream

Parwata - Jumat, 6 Januari 2017 | 21:24 WIB
 Anti Mainstream
Rian/otomotifnet
Anti Mainstream

Memadukan perangkat oldschool dengan teknologi terkini

Otomotifnet.com - Peter Anugrah punya selera yang berbeda dengan kebanyakan pehobi audio. Penyuka  Mercedes G-Klasse ini menyukai peranti old school yang sudah terbukti kualitasnya dan sesuai seleranya. Namun, ketika teknologi high resolution audio mulai menyeruak, ia pun tak ingin ketinggalan.

Memanfaatkan segala kelebihan dan kepraktisan peranti terbaru, dipadu kualitas perangkat old school yang sudah terpercaya, ia pun membangun sistem SQ unik pada G300 miliknya.

Pertama yang paling kelihatan adalah HU oldshool, yang memanfaatkan Nakamichi TP1200 sebagai pre-amplifier sekaligus radio.

Satu kelebihan TP1200 adalah unit pre-amp terpisah, yang ukurannya cukup besar dan terlindung dalam casing khusus yang meredam getaran eksternal. Maka jangan heran bila peranti yang beredar di era 1990-an itu masih dinilai sebagai salah satu pre-amp terbaik untuk car audio saat ini.

“Saya suka dengan karakter asli Nakamichi,” ungkap Peter yang memang fanatik brand Nakamichi, sampai mengoleksi beberapa unit TP1200 dan TD1200 sebagai cadangan. Sumber suara utama untuk diumpan ke TP1200 adalah Musplay Media Player yang memang dibuat untuk menikmati hi-res audio di dalam kendaraan.

Musway ini adalah satu dari dua unit pertama yang masih resmi ke Indonesia. Satu lagi ada di Basis Audio, tempat instalasi sekaligus importir resminya. Selain sanggup memutar semua format file audio dari biasa maupun high resolution,peranti ini juga praktis karena menggunakan HDD atau flashdisk.

Namun pemasangannya butuh tambahan monitor 3,5 inci untuk display. “Monitor bawaan aslinya terlalu kecil, malah menyusahkan saat digunakan,” ungkap Peter.

Sinyal Musway diperkuat oleh Nakamichi TP1200, lantas diteruskan ke prosesor VOX VXP8 Evolution, yang kemudian melakukan time correction, mengatur crossover dan level, serta equalizer 31 band untuk tiap kanal.

Hasilnya, sistem ini memang didesain sesimpel mungkin, dengan semua komponen audio teresmbunyi, kecuali speaker depan yang memang diposisikan sesuai respons suara terbaik. * Fab/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Head Unit: Nakamichi TP1200  Musway Media Player
Processor: VOX VXP8 Evolution
Amplifier: VOX LE 4x150 Precision Power A600.2
Speaker: AMT 3 Way Subwoofer G10D4

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa