Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tenang, Harga Premium dan Solar Dipastikan Tidak Ikut Naik

Arief Aszhari - Jumat, 6 Januari 2017 | 17:44 WIB

Jakarta - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, yang diumumkan PT Pertamina (Persero), Kamis (5/1), tidak akan diikuti oleh jenis premium dan solar.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Sekertaris Ditjen Migas Kementerian ESDM, Susyanto, dalam konfrensi pers di Kantor Staf Kepresidenan, Bina Graha, Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (6/1).

"Per 1 Januari kemarin sampai tiga bulan ke depan, tidak ada kenaikan BBM," jelas Susyanto.

Sementara itu, untuk kenaikan yang diumumkan oleh PT Pertamina (Persero) merupakan BBM umum, seperti Pertamax series, Pertalite, Pertamina Dex, dan Dexlite.

"Yang kita lihat sekarang, minyak tanah tidak naik tetap Rp 2.500, solar juga tidak naik tetap Rp 5.150 sebagai BBM tertentu, dan untuk BBM penugasan Rp 6.550 (Premium atau ron 88). Dan yang naik jenis BBM umum, kami contohkan dari Rp 7.750 per liter menjadi Rp 8.050 (Pertamax), serta dari Rp 8.750 per liter menjadi Rp 9.050 per liter (Pertamax Turbo), dan seterusnya sebagaimana diumumkan oleh Pertamina," pungkas Susyanto.

Sementara itu, meskipun kenaikan harga BBM umum ini mengikuti perkembangan meningkatnya harga minyak mentah dunia, namun menurut Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), dinilai manipulatif.

Artinya, harga BBM umum yang ditetapkan oleh Pertamina masih cukup tinggi dari harga dasar yang ditetapkan, dan hanya mengejar profit margin sebesar-besarnya, tanpa menyertakan perhitungan harga dasar yang transparan.

"Jika dikaitkan dengan harga MOPS (Mid Oil Plats Singapore) saat ini, yang hanya Rp 5.600 per liter untuk bensin RON 95, dengan kadar belerang 10 Ppm (Part per million),  kenaikan harga ini masih manipulatif dan tidak transparan," jelas Ahmad Safrudin, Ketua KPBB.

Wah, apa benar harga bahan bakar di Indonesia kemahalan ya bro? (otomotifnet.com)

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa