Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza G 2009 Pakai Enam Roda, Berfungsi Semua

Parwata - Minggu, 15 Januari 2017 | 16:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Custom bagian kaki-kaki yang dilakukan, bukan hanya tempelan. Penambahan suspensi dan pengereman sesuai fungsinya

Magelang - Sebelum berangkat menuju babak final Black Auto Battle 2016 di Surabaya, Jatim, tampilan Toyota Avanza milik Raden Eddie Sumargho sudah cukup ekstrem. Sudah chop top, potong bagasi belakang, motorized dan dalaman bak ruang entertainment.

Apa yang sudah dilakukan itu, dirasakan kurang cukup modal untuk unjuk gigi di babak final. Alhasil pria yang akrab disapa Argho itu, melakukan ubahan lagi di beberapa titik. “Kap mesin dibikin lebih ekstrem dengan dibelah jadi 2 dan pakai motorized,” papar pemilik kendaraan tipe G keluaran 2009.

Namun pemotongan itu sebenarnya hanya bumbu penyedap, sebab ubahan utamanya ada di bagian belakang. Kini terdapat 6 roda yang terpasang, jadi ban belakangnya ada sepasang di masing-masing sisi kiri dan kanan.

Pelek dan ban paling buncit, juga menggunakan sistem pengereman yang sama dengan ban di depannya,” jelas pemilik workshop Argho Ligth tersebut.

Untuk menambahkan 2 roda di belakang itu, sistemnya gendong. Jadi, kru workshop yang ada di Jl. Potrobangsan Magelang, Jateng meng-custom lengan ayun sebagai dudukan as roda. Lengan ayun berbahan pelat baja itu posisinya diseting menempel pada gardan bawaan Avanza.

“Penambahan 2 roda ini, membuat bodi bagian bawah Avanza molor lebih kurang 1 meter. Sedangkan bagian atas hanya nambah 1 jengkal,” papar Argho.

Sistem suspensi sebelumnya yang sudah pakai air suspension, enggak mengalami perubahan. Hanya otomatis mesti nambah 2 balon lagi.

Pengeremannya menggunakan big brake kit dari Brembo. Spesifikasinya pakai rotor berdiameter 330 mm dan kalipernya 4 pot.  oct/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Ban: Accelera 235/30-R20  
Pelek: Davinci 20 inci
Air Suspension: Air Lift 6 Titik
Turbo: Subaru Impreza
Piping: Custom
Intercooler: Greedy
Blow Off: HKS
Interior: Custom by Argho Light
Head lamp: Honda Civic FB
Stop lamp: Honda Oddysey
Head unit: Pioneer
Speaker: Pioneer
Subwoofer: Hertz 10 inci
Power amplifier: 2 buah Kenwood 4 Channel
Monoblok: Kenwood

Plus: Dominasi kelir kuning menyegarkan pandangan
Minus: Bodi belakang atas dan bawah masih kurang singkron

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa