Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota FJ40 1978, V8 Inside

Parwata - Kamis, 19 Januari 2017 | 18:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Modifikasi Toyota FJ40 1978 V8 Inside

Mirip lansiran Icon 4x4, FJ40 satu ini dijejali mesin small block dan dilabur warna khusus!

Jakarta - Ricky punya ikatan batin dengan Toyota FJ40 lansiran 1978 ini. Perjuangan usahanya dari awal ditemani sang FJ, bahkan hingga kondisi jip 4x4 legendaris itu mengenaskan full karat.

Namun, Ricky tipe pria yang setia pada kendaraan. Bukannya ganti jip baru yang lebih canggih, tapi dia pun merestorasinya, agar dapat dipakai kembali menemani kerja di kebun.

Hanya saja, terkadang niat restorasi itu melenceng. Ricky yang mengandalkan bengkel JAS Motor untuk restorasi bodi, akhirnya malah kepincut upgrade total. Tak tanggung-tanggung, sumber tenaga malah sekalian diganti Chevy small block 350, mesin V8 legendaris dari Amerika!

Mesin ini dianggap pas untuk Toyota FJ40, yang aslinya bermesin 2F, 6 silinder segaris berkapasitas 4.200 cc yang hanya menghasilkan 105 dk. Bandingkan dengan mesin barunya yang bertenaga 300-an dk, hampir 3 kali lipat! Tentu, lebih dari cukup.  

Pun begitu soal bodi, dipilih cat khusus dengan rona Dusty Green. “Cat ber-finishing dof itu buatan Jerman dan mirip dengan warna Toyota Icon,” ungkap Joni Agus Salim, bos bengkel JAS.

Total, butuh waktu sekitar 6 bulan untuk restorasi sekaligus engine swap ini dan hasilnya memuaskan. Selain tampilan semakin gahar, performa FJ40 juga semakin sadis dengan raungan mesin khas muscle car! Yuk lihat lebih dekat FJ40 ala Icon ini… * (Fab/otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Mesin

Mesin

Menurut Joni, punggawa JAS Motor, tak terlampau sulit memasang mesin ini pada FJ. “Hanya penyesuaian braket mesin dan transmisi, serta menentukan posisi mesin yang tepat agar distribusi bobotnya pas. Selain itu hanya menyesuaikan dudukan radiatornya.”

Tentu ini tak dibiarkan standar. Beberapa di-upgrade, termasuk sistem pengapian MSD HEI Complete Distributor, serta karburator Edelbrock Endurashine. Tambahan exhaust system buatan Borla tipe Hotrod for V8 lengkap dengan header berlapis ceramic, membuat nyanyian 300 dk lebih itu semakin merdu.

Dipasangkan transmisi matic TCI, jadilah FJ40 ini tetap enak dipakai harian. Oh iya, transfercase tetap asli FJ40. Sebab tak hanya terkenal tangguh, tapi juga andal ketika Ricky ingin blusukan di kebun.

No caption
No credit
No caption
Kaki-kaki

Kaki-kaki

Gardan tetap pakai bawaan asli, yang memang terkenal badak. Namun suspensi di-upgrade dengan per buatan Old Man Emu, berpadu sokbreker Rough Country. Bagian depan juga dihiasi steering shock buatan ProComp, yang membantu menjaga stabilitas kemudi.

No caption
No credit
No caption
Pelek-Ban

Pelek-Ban

Pelek off-road Dick Cepek DCT1 berdiameter 16 inch membuat tampilan semakin ganteng, apalagi dengan ban Toyo MT 265/75R16, semakin gahar!

No caption
No credit
No caption
Jok

Jok

Sedikit bernuansa modern dan sporty, sepasang jok semi bucket buatan Sparco menghiasi kabin depan. Dibungkus ulang warna hitam, pas berpadu dengan seatbelt juga buatan Sparco. Indikator Sebenarnya, mesin barunya tak butuh perhatian lebih, tapi untuk berjaga-jaga, beberapa indikator buatan Autometer mengisi panel dasbor.

No caption
No credit
No caption
Bumper

Bumper

Bumper custom ini tak hanya kuat, tapi juga gagah, sekaligus tempat nangkring winch elektrik Warn 9.5 CTI

Lampu dan Gril

Lampu

Lampu-lampu mengandalkan perangkat modern yang memang berspesifikasi siap off-road. Depan mengandalkan Trucklite berteknologi LED, sedangkan dekat windshield ada Warn.

Gril

Gril custom ini membuat tampilan sang FJ40 semakin unik, apalagi dengan logo V8 custom yang dibuat oleh tim JAS Motor.

Data Modifikasi

Mesin: Chevrolet Small Block V8, 350 cu
Kapasitas: 5.700 cc
Tenaga: 300 dk
Pengapian: MSD HEI Complete Distributor
Karburator: Edelbrock Carb Endurashine
Transmisi: TCI Matic
Transfercase: OEM FJ40
Gardan: OEM FJ40
Pelek: Dick Cepek DCT1 16 inci
Ban: Toyo MT 265/75R16
Per: Old Man Emu
Sokbreker: Rough Country
Winch: Warn 9.5 CTI
Bumper: Custom
Lampu Utama: Truck Lite
Indikator: Autometer
Jok: Sparco
Exhaust : Borla Hotrod for V8 with summit ceramic coated header
Motor Starter: Power Master Hi Torque
Radiator : Griffin Alumunium + PSC radiator overflow kit

Bengkel : JAS Motor Indonesia
Jl. Diklat Pemda, Kp. Gurubug No.7. RT001/RW04
Bojong Nangka, Tangerang, Banten 15810.
Telp: 021-547 1900

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa