Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Note Meluncur Di Thailand, Calon Pengganti Livina Di Indonesia?

Fransiscus Rosano - Selasa, 17 Januari 2017 | 16:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Bangkok - Nissan Motor Thailand baru saja meluncurkan All New Nissan Note di negaranya. MPV 5-seater ini kah yang akan menggantikan Nissan Livina di Indonesia?

Seperti yang diketahui, Nissan Grand Livina telah beredar di Indonesia sejak tahun 2008, yang berarti di tahun 2017 ini akan segera memasuki tahun ke 9-nya.

Sebelumnya menggunakan basis yang sama dengan Nissan Note generasi pertama di Jepang yang berkode bodi E11, apakah penerus Nissan Livina-Grand Livina akan kembali menggunakan basis generasi selanjutnya dari Note?

Yang baru saja meluncur di Thailand adalah Nissan Note generasi kedua versi facelift, yang telah diperkenalkan di Jepang dari November 2016 lalu. Di negara Gajah Putih tersebut, Nissan Note diluncurkan di bawah program ECO Car Phase 1 karena klaim konsumsi BBM-nya mencapai 20 km/liter dan emisi CO2 ada di angka 120 g/km.

Masih dengan nuansa yang sama seperti ketika Nissan Note generasi kedua pertama hadir di Jepang pada tahun 2012, namun dengan setir palang 3 baru

Mentenagai Nissan Note yang meluncur di Thailand adalah mesin yang sangat familiar bagi pemakai Nissan di Indonesia, yaitu dengan kode HR12DE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder segaris yang juga digunakan oleh March dan Datsun GO serta GO+ di Indonesia. Tenaganya dipatok di angka 78 dk dan torsi 106 Nm, ditransfer ke kedua ban depan via transmisi CVT X-Tronic.

Desain V-Motion pada gril depan ala Nissan modern menjadi khasnya, bersambung ke lampu depan yang memiliki proyektor, bumper depan dan belakang yang telah disegarkan dan setir 3-spokes baru seperti pada Nissan March anyar.

Nissan Note di Thailand ini dibagi menjadi dua varian, yaitu V dan VL. Soal fitur, VL dibekali head unit berlayar sentuh 7 inci, tombol pengontrol audio di setir dan smart key Intelligent Key, instrument cluster Fine Vision Meter dan bahkan Around View Monitor seperti pada X-Trail dan Elgrand.

Untuk fitur keselamatan, disematkan hal-hal seperti ABS, EBD, BA, VDC (Vehicle Dynamic Control), HSA (Hill Start Assist), FCW (Forward Collision Warning), Nissan Intelligent Emergency Braking, Forward Emergency Braking, Lane Departure Waring dan Moving Object Detection.

Hmm, fitur yang berlimpah untuk sebuah MPV kecil ya?

Nissan Note dibanderol seharga Rp 212 jutaan (568.000 baht) hingga Rp 239 jutaan (640.000 baht) di Thailand.

Siapa yang setuju kalau Livina dan Grand Livina di Indonesia selanjutnya diganti Nissan Note seperti di atas?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa