Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menikmati Audio Hires Terjangkau, Jalan Alternatif Menikmati Hires

Parwata - Kamis, 26 Januari 2017 | 14:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Jalan Alternatif Menikmati Hires

Cara paling mudah menikmati audio Hi-Res tentu saja menggunakan HU berspesifikasi khusus. Namun, ada alternatif lain yang lebih terjangkau

Jakarta - HU yang beredar sekarang seperti Sony RSX-GS9 atau Musway, Audison Bit Play HD atau prosesor yang memang punya fasilitas untuk memutar Hi-Res, seperti Audison Bit1 HD. Jadi cara paling mudah untuk mendengarkan musik Hi-Res.

Alternatif lainnya, bisa memanfaatkan Digital Audio Player (DAP) atau media player portable yang sudah lama jadi andalan pehobi earphone dan headphone. Atau, bisa juga menggunakan telepon pintar (HP) Android atau Iphone, dengan tambahan aplikasi yang dapat membaca file audio Hi-Res.

Pada intinya, hanya soal mengintegrasikan peranti pemutar Hi-Res dengan sistem audio yang ada. Bila sistem audio bawaan mobil memiliki auxiliary input (Aux), tinggal menghubungkan output dari DAP ke Aux input tersebut.

Biasanya via kabel headphone 3,5 mm yang banyak dijual di toko elektronik. Satu keuntungan karena rata-rata mobil terbaru saat ini memiliki fasilitas Aux input tersebut. Hal yang sama bila menggunakan HU aftermarket, tinggal memastikan ada Aux input dan memasang DAP ke jalur tersebut.

Meski kualitas suara resolusi tinggi akan dibatasi oleh perangkat bawaan pabrik seperti HU, speaker dan amplifier, yang memang tidak didesain untuk audio resolusi tinggi. Namun, suaranya dipastikan jauh lebih bersih ketimbang menggunakan CD atau file audio biasa. • (Fab/otomotifnet.com)

Bisa Pakai HP, Tapi..

Satu catatan untuk penggunaan telepon pintar, adalah tak semua memiliki kemampuan mengolah file Hi-Res dalam resolusi aslinya (96 khz/24 bit ke atas). Setahu kami, saat ini hanya LG V10, HTC 10 dan Sony Xperia Z5 Premium, yang dilengkapi DAC (Digital Analog Converter) berspesifikasi Hi-Res.

Lantas bagaimana caranya?  Harus menggunakan prosesor yang dilengkapi jalur input digital.

“Tinggal pakai aplikasi pembaca file Hi-Res seperti Elecom. Dari situ, sinyal audio Hi-Res versi digital akan langsung masuk ke prosesor via jalur input digital,” ujar Hendra yang memakai Iphone 6 sebagai salah satu pemutar Hi-Res di mobilnya. Jangan lupa, pastikan prosesor itu dilengkapi DAC (Digital Analog Converter) yang mampu mengolah file Hi-Res secara murni.

Saat ini, prosesor audio yang ada di Indonesia yang bisa mengolah file Hi-Res murni hanya Audison Bit1 HD dan Helix DSP Pro. Selain itu, juga butuh controller khusus untuk prosesornya, karena jalur input digital membutuhkan pengatur volume tersendiri.

No caption
No credit
No caption
Bisa Pakai HP, Tapi..

- Untuk HP Android atau Iphone yang tak dilengkapi DAC Hires, dapat menggunakan aplikasi tambahan kemudian mengambil jalur output digital via USB, kemudian dihubungkan dengan prosesor yang Hires Ready, seperti Helix DSP Pro

Musway Hires

Salah satu perangkat audio terbaru saat ini adalah Musway WX, karena menyatukan fungsi player hires dengan prosesor dan amplifier. Produk yang dihargai di bawah Rp 10 juta ini menjadi senjata ampuh mendapatkan suara hires nan mewah, karena mudah diintegrasikan dengan sistem audio OEM ataupun aftermarket.

Dengan fasilitas prosesor 6 chanel dan amplifier untuk 4 chanel, juga lebih fleksibel. Perangkat ini support hingga 24 bit/192 khz dan dapat memutar file hires berformat DSD, WAV, FLAC dan APE, termasuk format biasa MP3 dan AAC. Asyiknya, dapat dihubungkan dengan hardisk hingga 2TB, atau SD Card via card reader.

Dengan fleksibilitasnya ini, Musway WX ini pun mudah diaplikasikan sebagai peranti tambahan, ataupun stand alone. Informasi lengkapnya, kontak Basis Audio di 021-5861677.

Musway Hires

- Terbaru untuk car audio saat ini, Musway WX tak hanya memutar file Hi-Res, tapi juga dilengkapi prosesor 6 chanel serta amplifier yang sudah didesain untuk audio Hi-Res

Pilihan DAP

Digital Audio Player terbaru rata-rata dibuat untuk audio hires. Merek dan harganya pun beragam, dari Astell&Kern AK380 yang Rp 40 jutaan, Hifiman, Sony, hingga Fio X3 di kisaran Rp 2 jutaan.

Pun semua karakternya berbeda-beda, tinggal sesuaikan bujet dan pilih yang cocok dengan selera. Oh iya, pastikan DAP yang dipilih memang sanggup memutar hires, dengan melihat logo hires pada kemasan atau buku manual.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa