Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Kawasaki Z125 Pro, Pastikan Pelumas Bersih

Parwata - Rabu, 8 Februari 2017 | 11:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 

Jakarta - Penggantian oli mesin ini ternyata berbarengan dengan penggantian filter oli, kenapa gitu? Motor mini supernaked dari Kawasaki ini dibekali mesin 125 cc dengan kopling manual dan pengkabutan bahan bakar injeksi.

Asyik ya! Nah buat yang sudah punya, wajib simak jadwal servisnya, yaitu tiap 6 bulan atau 3.800 km tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Agar suara mesin tetap halus dan kinerja mesin tetap maksimal maka penggantian oli harus dilakukan tiap kali servis. Penggantian oli mesin ini ternyata berbarengan dengan penggantian filter oli, kenapa gitu?

“Karena mesinnya termasuk sensitif makanya penggantian oli mesin selalu berbarengan dengan filter oli. Ini untuk memastikan agar pelumasan pada mesin tetap bersih,” buka Eddy Yulianto, kepala mekanik Kawasaki Super Sukses Motor.

Penggantian ini membutuhkan oli sebanyak 0,9 liter, oli yang direkomendasi punya visikositas 10W-40 ada pilihan oli 4T Ultimate kemasan 1 liter sehaga Rp 92 ribu dengan kemasan yang menarik.

Yup, yang mirip botol minuman, awas jangan disrupuuut! Bagian pemercik api alias busi diganti tiap kelipatan 7.600 km atau 12 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai, ketika umur pakai masih cukup maka hanya dibersihkan menggunakan sikat kawat dan disetel kembali kerenggangan businya pada jarak 0,6-0,7 mm.

Businya masih impor dari Thailand makanya punya harga yang cukup lumayan yaitu Rp 55 ribu. Filter udara juga perlu dicek kondsinya, “Filter udara biasaya ganti di kelipatan 10.000 sampai 12.000 km tergantung kondisi jalan yang sering dilewati. Kalau terlalu lama filter udara bisa getas dan serpihan masuk ke ruang bakar bisa bahaya,” lanjut Edoy sapaannya.

Pengecekan kerenggangan klep tidak perlu selalu dilakukan kecuali memang suara mesin berisik dan tidak ada tenaga, “Kalau memang berisik akan disetel ulang pakai fuller gauge kerapatan in 0,08–0,12 mm dan ex 0,04–0,08 mm,” jelasnya dari bengkel yang terletak di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. (Fariz / Otomotifnet.com)

Kawasaki Super Sukses Motor : 021-75912452

 

Tabel Harga:
Servis ringan: Rp 40.000
Busi: Rp 55.000
Filter udara: Rp 24.000
Filter oli: Rp 14.000
Oli KGO Ultimate: Rp 92.000
Kampas rem depan: Rp 60.000
Kampas rem belakang: Rp 75.000

Tabel Pemeriksaan:
Periksa tekanan udara
Periksa sistem control throttle
Periksa suspensi
Periksa arah sorot lampu depan
Periksa kekencangan mur, baut dan pengencang
Periksa fungsi kerja kopling
Periksa kerusakan bearing roda
Periksa keausan chain guide dan rantai roda
Periksa fungsi kerja rem
Periksa switch lampu rem
Periksa batas ketinggian minyak rem
Periksa keausan kanvas rem dan pad rem
Periksa fungsi kerja sistem kelistrikan
Lumasi sistem suspensi
Periksa kondisi busi
Bersihkan sistem bahan bakar
Periksa putaran stationer mesin
Periksa gerakan kemudi

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa