Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Optimalkan Audio All New Toyota Kijang Innova Q, Lebih Jernih +4

Parwata - Kamis, 2 Februari 2017 | 11:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dilengkapi monitor HU 8 inci penuh fitur terkini, serta 4 set speaker  (sepasang 2-way di depan dan sepasang fullrange di pintu belakang), All New  Toyota Kijang Innova (ANKI) tipe Q terbaru sudah cukup memuaskan banyak  pemakai soal hiburan dalam kabin.

Akan tetapi, bagi yang ingin menikmati musik dengan dana minimal, masih bisa memaksimalkan sistem standar ini dengan memanfaatkan pengaturan yang tersedia.

Pertama, OTOMOTIF coba menguji respon tanpa menggunakan RTA (Real Time Analyzer), tapi menggunakan 33 frekuensi pink noise 1/3 oktaf yang bergerak dari 25 hz hingga 20 khz.

Cara ini kerap digunakan beberapa installer untuk fine tuning sistem audio kompetisi SQ. Selain praktis, ini juga memadai karena dari pabrikan, audio ANKI tipe Q sudah cukup baik.

Awalnya dengan posisi EQ flat, serta fader dan balance di 0 atau di tengah semua. Sempat coba menggeser fader ke arah depan untuk mendapat efek panggung lebih bersih, tapi rupanya ini mengurangi respons suara bas dari speaker di pintu belakang. Akhirnya, posisi fader kembali diposisikan ke tengah (gbr 1)

Respon frekuensinya memang cukup merata. Namun, karena bas rendah hanya mengandalkan speaker di pintu, maka dua titik frekuensi terendah yakni 25 dan 31 hertz nyaris tak berbunyi. Maklum, ini terjadi hampir di semua sistem audio OEM, kecuali pada beberapa merek premium.

Setelah mendengarkan pink noise, kami mencoba mengatur EQ yang sebelumnya di mode flat. Frekuensi midbas antara 40 hz hingga 100 hz terasa kuat, namun cenderung kotor.

Ini tak terlalu masalah bagi yang mendengarkan musik dengan volume kecil (15). Tapi bila mendengarkan musik di volume 20-28 atau lebih, suaranya akan mengganggu.

Karena itu kami turunkan level bas -1. Nantinya, bila bas terasa kurang saat mobil berjalan, dapat mengkompensasi dengan menaikkan level bas maksimal hingga +1(gbr 2). Bagian midrange cukup bagus dan rata, tanpa ada lonjakan mengganggu di sektor 1.600-2.500 hz.

Namun, kalau ingin menikmati musik dengan jernih, sekaligus menyeimbangkan dengan frekuensi midbass yang cenderung melonjak, level mid kami naikkan hingga +4, termasuk level treble yang ikut naik hingga +4 (gbr 3).  

Komposisi seperti ini memberikan karakter suara yang lebih bersih dan detail rekaman akan terdengar lebih jelas. Oh iya, seting ini kami lakukan dengan sumber suara dari CD (Compact Disc). Bila menggunakan sumber lain, misalnya dari USB flashdisk, streaming Bluetooth atau DVD, akan ada sedikit perbedaan level. * (Fab/otomotifnet.com)
 

Tambah Subwoofer

Karena respons frekuensi bawaannya hanya kehilangan bagian terendah saja, kami sangat menyarankan menambahkan subwoofer 10 atau 12 inci, lengkap dengan power amplifiernya.

Cari subwoofer dengan kebutuhan boks yang kecil, untuk 10 inci, biasanya minimal sealed box dengan volume internal 15 liter. Ini tak terlalu mengganggu bagian belakang atau bagasi.

Amplifier sebaiknya monoblok class D demi efisiensi ruang dan konsumsi listrik. Carilah amplifier dengan kekuatan (watt) terbesar yang masuk dalam anggaran.  

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa