Holden WB (UTE) 1980 Perfect Ute

Parwata - Kamis, 2 Februari 2017 | 12:11 WIB

Ikon bengkel Fix Garage ini dibangun sepenuh hati hingga penampilannya kini begitu istimewa

Jakarta - Jenis Ute atau Utility (coupe utility) ini termasuk spesies favorit bagi pecinta Holden. Tampak depan hingga kabin tunggalnya mirip sedan, namun bagian belakangnya berbentuk bak untuk mengangkut barang, istilahnya integrated cargo tray. Sebagian orang, menyebutnya El Camino Australia.

Makanya Firman dan Daus, kakak beradik pemilik bengkel Fix Garage, Ciganjur, Jakarta Selatan kepincut untuk membangunnya. Apa saja yang membuat Holden Ute ini spesial? * (Rendy/otomotifnet.com)

Mesin V8

Mesin aslinya sebenarnya masih oke, 3.300 cc inline. Tapi buat Firman dan Daus, masih kurang sempurna. Akhirnya diganti mesin berkonfigurasi V8, 5.700 cc milik Chevy. “Sebab tenaga lebih besar, perawatan mudah dan spare parts-nya juga banyak, apalagi kini transmisinya juga matik,” terang Firman.

Mesin V8 yang diklaim sering overheat di jalanan ibukota, diatasi dengan sistem pendingin yang mumpuni, seperti pemasangan electric fan Suzuki Karimun, juga extra fan ganda dari Tokuden, sedangkan radiator pakai yang 3 ply.
 
Kaki-Kaki Jawara

Kaki-kaki jadi salah satu kuncian penampilan. Sepatu yang dipilih dari Rocket Wheels seri Fuel. Ukurannya cukup 15x7 inci, lantas ditambahkan center cap krom. Per daun bagian belakang sedikit di-press agar bodi terkesan lebih merapat ke aspal.


Alas karetnya terbilang spesial, dan termasuk salah satu ban favorit untuk aliran muscle car. “Saya suka white letter-nya,” kata Daus yang harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 20 juta untuk empat buah.

Kotak Rahasia

Firman dan Daus ingin membuat kompartemen mesin terlihat rapi dan clean. Apalagi setelah dapur pacu Chevy small block dibenamkan, ini yang jadi alasan untuk menyembunyikan posisi aki. “Kendalanya tak ada ruang di bagian kabin, sehingga harus cari lokasi lain,” terang Daus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa