Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Ganti Setir Honda Freed, Dari Honda Juga

Parwata - Kamis, 9 Februari 2017 | 11:39 WIB

Copotan kemudi dari produk Honda yang edar di Amerika dan Jepang, dijadikan pengganti standar Freed

Jakarta - Tidak adanya fitur steering remote control pada kemudi Honda Freed, membuat penggunanya mencari solusi untuk menambahkannya. Cara yang dilakukan tentunya bukan sekadar custom bawaan pabrik. Dari yang enggak ada, jadi ada fitur yang nyambung dengan audio.

Saat ini, solusi yang dilakukan adalah dengan mengganti kemudi bawaan dengan copotan dari kendaraan lain. Ada beberapa pilihan kemudi yang bisa ditebus untuk menggantikan standarnya.

“Semua kemudi coptan yang dipakai sebagai pengganti, juga dari kendaraan berlabel Honda juga,” ucap Andri TW, dedengkotnya bengkel Naga 76 Autosport di perumahan Taman Aries, Jakbar.

Produk Honda Civic 2.0 yang beredar khusus di Amerika, bisa jadi salah satu pilihan. Produk copotan ini, hanya memiliki 2 spokes. “Dari produk yang sama, tapi edarnya di Amerika dan Jepang, memiliki 3 spokes,” jelas Andri.

Kemudi Jazz RS yang versi Jepang juga jadi incaran untuk menggantikan bawaan Freed. Pada 2 pilihan kemudi ini, ternyata enggak perlu ganti airbag, alias tetap pakai standarnya Freed dan tetap berfungsi.

Tanpa custom? Memang itu kenyataannya, tapi untuk urusan pasang kemudinya saja ya. Pada part yang dinamakan clock spring, kudu ada custom yang dilakukan. Dari yang standarnya hanya 2 pin, di-custom atau istilahnya disuntik jadi 4 pin. Custom yang dilakukan pada clock spring ini, di luar harga dari unit kemudinya.

Modifikasi yang dilakukan ini, fungsinya hanya untuk mengaktifkan steering remote. Kalau tertarik untuk mengaktifkan tombol lain, seperti koneksi ke MID atau cruise control, maka clock spring-nya harus diganti dengan yang pakai 16 pin.

Nah untuk urusan yang satu ini, barangnya asli bawaan Civic FD1 dan bisa dibeli di bengkel resmi. Soal banderol bisa di kisaran Rp 2,9 juta sampai Rp 3 juta. Copotan dari Mobilio RS juga bisa dipakai menggantikan kemudi Freed.

“Airbagnya tetap pakai bawaan Mobilio dan clock spring-nya disuntik,” jelas Rino dari Pimas Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus. Rino juga menjelaskan bahwa head unit juga harus compatible dan salah satu contoh produk yang biasa digunakan adalah Pioneer AVH-X5750BT. * (oct/otomotifnet.com)

Naga 76 Autosport: 0858-1160 8666
Pimas Motor (Ipin): 0812-1897 0052

Tabel Biaya
Unit Kemudi: Rp 2,5 juta – Rp 4,3 juta
Custom Clock Spring: Rp 300 ribu
Ganti Clock Spring: Rp 2,9 juta – Rp 3 juta
Ongkos: Rp 700 ribu – Rp 1,5 juta

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa