Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Latihan Hari Jumat Balap F1 Dihapus, Ini Kata Presiden FIA

Senin, 6 Februari 2017 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Eropa – Pemilik baru balap F1, Liberty Media berencana akan menghapus sesi latihan hari Jumat. Presiden FIA Jean Todt pun angkat bicara.

Mulai Januari 2017, perusahaan asal Amerika Liberty Media secara penuh mengambil alih manajemen Formula 1, setelah mencopot Bernie Ecclestone yang menguasai balap jet darat ini selama 40 tahun.

Liberty Media menempatkan beberapa orang yang diharapkan dapat membuat balap F1 kembali bersinar dan diminati penggemarnya.

Kabarnya, Liberty akan menghilangkan aktivitas pembalap hari Jumat, yaitu sesi latihan bebas.

Anjuran untuk mengakhiri sesi latihan Jumat, mendapat dukungan kuat dari bos Renault Sport Cyril Abiteboul. Dalam pandangannya, format balapan harus berubah dan latihan hari Jumat tidak memainkan peran.

Presiden FIA, Jean Todt mendukung adanya perubahan, asalkan jadi lebih baik

Presiden FIA Jean Todt pun berkomentar. Ia tidak mendukung pembatasan kegiatan akhir pekan balapan yang hanya dua hari.

Tetapi ia menyatakan terbuka untuk perbaikan dan perubahan buat olahraga ini. Todt mengatakan bahwa perombakan total tidak diperlukan dan ia menyukai sesi latihan Jumat.

"Sederhana saja, kami tidak menemukan apapun yang akan lebih baik dari format saat ini," kata Jean Todt kepada media Jerman, Speed Week.

"Jika kita menemukan sesuatu yang kami percaya akan jadi kemajuan nyata, kita akan melihatnya dengan saksama," tambah pria yang pernah jadi bos tim Ferrari.

Liberty telah mendesak untuk 'membumbui' balapan akhir pekan dengan pendekatan gaya Amerika yang lebih glamor, serta  menarik untuk membangun interaksi penggemar.

Latihan hari Jumat telah dikritik oleh pembalap sebagai yang membosankan untuk ditonton.

"Kita harus membayar orang-orang yang berada di tribun untuk menyaksikan mobil yang lewat,” kata pembalap McLaren, Fernando Alonso, November tahun lalu.

Latihan hari Jumat biasanya dimafaatkan oleh pembalap cadangan dan test driver untuk menambah jam terbang. Ya semoga saja akhir pekan balapan menjadi lebih efektif. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa