Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dudukan Baut Sokbreker Belakang Kawasaki ER-6n Berkarat, Lubangi Saja

Parwata - Sabtu, 11 Februari 2017 | 23:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dudukan baut bawah sokbreker belakang Kawasaki ER-6n berkarat banyak dialami namun kurang disadari oleh para pemiliknya. Apalagi yang ketika musim penghujan seperti sekarang ini enggak rajin bersih-bersih, rawan berkarat bro!

Masalahnya adalah, posisi dudukan baut monoshock di swing arm (Gbr.1) yang miring dan menampung air saat hujan. Bahkan hingga merendam hingga bautnya.

“Efeknya selain berkarat, ketika suspensi tunggal ini dilepas jadi seret. Terkadang rusak dan sisi dalam arm pun ikut berkarat,” Jelas Erpian Didikanto dari Motor Cling Cling (MCC).

Pria yang beken disapa Iwan MCC ini merupakan pemilik bengkel cuci motor plus detailing yang lumayan banyak disambangi pengguna Kawasaki ER-6n di Denpasar, Bali. Wajar jika ia menemukan bagian yang kotor ini setiap cuci detailing ER-6n.

“Bagian ini selalu berkarat di sisi dalam dan bautnya pasti susah dibuka kalau sudah sering terendam,” Iwan yang buka gerai di Jl. Tukad Balian, Renon, Denpasar, Bali. Nah untuk mengatasi hal ini, Iwan punya trik simpel dan mudah dan sudah diterapkan di beberapa ER-6n konsumennya.

Yaitu lubangin saja dudukan bawahnya agar air bisa mengalir keluar. Modalnya cuma bor tangan dengan mata bor 3 atau 5 mm lalu kunci L6. Kunci L6 mm ini untuk melepaskan footstep (Gbr.2). Karena footstep-nya menghalangi posisi mengebor, karena selaras dengan posisi dudukan baut monosok.

Setelah footstep terlepas, beri tanda terlebih dahulu bagian yang akan dibor (Gbr.3). Gunakan penanda sekaligus untuk membuat titik bor lebih center. Setelah itu bor bagian tersebut hingga tembus (Gbr.4).

Nah.. bagi yang sebelumnya udah pernah terendam ada baiknya membersihkan dulu area dalam di bawah dudukan monoshock. Kalau sudah berkarat ada baiknya dibersihkan dan dicat terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan yang lebih jauh. Dan yang bautnya sudah karatan sebaiknya diganti. Selamat mencoba!   (Ketut / Otomotifnet.com)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa