Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Oli Motor Pakai Vakum, Oil Extractor Bisa Nyedot Sampai Dasar

Parwata - Rabu, 15 Februari 2017 | 06:47 WIB

Jakarta - Mirip treatment pada mobil, vakum atau sedot oli mesin saat hendak mengganti oli juga tersedia buat motor. Salah satu yang sudah menyediakan adalah bengkel Scooter VIP yang berada di sekitaran Grand Galaxy City, Bekasi.

“Namanya oil extractor. Umumnya digunakan pada penggantian oli mobil, tapi di sini kita sediakan untuk motor. Salah satu manfaatnya untuk menjaga baut oli dari slek karena gak perlu buka baut pemmbuangan di bawah mesin,” buka Syarief kepala mekanik Scooter VIP.

Cara kerjanya menggunakan bantuan angin dari kompresor yang diubah menjadi vakum untuk menyedot oli. Pertama sambungkan selang kompresor dengan selang oil extractor yang sudah disediakan (Gbr.1).

Selanjutnya masukan selang ke dalam mesin melalui lubang masuk oli (Gbr.2), “Usahakan sampai masuk ke dasar mesin agar bisa sekaligus menyedot kotoran mesin yang berada di dasar,” lanjutnya.

Selanjutnya buka keran (Gbr.3) agar oli pada mesin bisa tersedot. Lalu, oli mesin yang tersedot akan masuk ke dalam tabung kaca yang merupakan tempat penyimpanan sementara (Gbr.4).

“Di tabung kaca ini kita bisa lihat sudah berapa banyak oli yang sudah tersedot dan bisa dilihat seberapa kotor oli,” ujar pria yang tinggal di bilangan Cawang, JakTim ini.

Jika sudah cukup oli ini akan ditempatkan di penampungan akhir, “Caranya dengan menekan tombol yang berada di atasnya. Nantinya oli akan muncrat terlebih dulu karena tabung pembuangan akhir juga berisi angin (Gbr.5),” ujar Syarief.

Untuk biaya yang diperlukan untuk penggantian oli saja dikenakan biaya jasa Rp 20 ribu.

“Untuk motor skutik biasa seharusnya bisa. Sedang untuk Vespa hanya bisa untuk varian 2V saja. Karena pada mesin varian 3V tidak maksimal, bagian dalamnya sangat sempit sehingga selang tidak bisa masuk sampai ke dalam mesin,” tutupnya.

Mau coba?   (Fariz / Otomotifnet.com)

Scooter VIP : 021–82733333

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa