Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Unik Uji Coba Fiat Tipo. Keliling Dunia Sekaligus Plesir

Parwata - Sabtu, 18 Februari 2017 | 22:06 WIB

Jakarta - Pabrikan mobil asal Italia, Fiat, melakukan cara yang unik dalam menjajal kemampuan mobil baru. Fiat Tipo yang diproduksi di pabrik Tofas di Bursa Turki melakukan pengujian unit dengan cara mengelilingi dunia sejauh 41.000 km.

Fiat Tipo standar buatan pabrikan langsung digas oleh tim Fiat mengarungi rute perjalanan Bursa, Turki menuju Turin, Italia.

"Enggak pakai persiapan khusus untuk keliling dunia. Mobil benar-benar standar tidak ada modifikasi khusus melakukan mengelilingi bola dunia," ujar Okan Altan salah satu tim keliling dunia Fiat Tipo.

Memulai dari Bursa (Turki), Fiat Tipo diajak mengarungi rute jalan yang beraneka ragam mulai dari bagus hingga jelek melintasi trayek negara Yunani, Bulgaria, Rumania dan Ukraina sebelum memasuki Rusia.
 
Di Rusia, Fiat Tipo mengikuti rute rel kereta legendaris Rusia, yaitu Trans Siberia menghabiskan waktu 11 jam sebelum perjalanan berlanjut ke negara Jepang.

Selama di Jepang, Fiat Tipo cukup mendapat perhatian masyarakat negeri Sakura dalam bentuk poster dan lainnya. Tujuan akhirnya adalah pelabuhan di kota Yokohama untuk melanjutkan perjalanan ke benua Amerika, tepatnya ke Meksiko.

Trans Atlantik
 
Sesampainya di Meksiko, Fiat Tipo melanjutkan perjalanan menuju Amerika Utara. Perubahan pemerintahan di Amerika Serikat sedikit menghambat perjalanan Fiat Tipo di mana harus tertahan 11 hari untuk masuk Amerika Serikat.

Usai mengeliling Amerika Utara, Fiat Tipo kembali ke Meksiko untuk meneruskan perjalanan menuju Inggris Raya. Trayek Meksiko-Inggris harus ditempuh sejauh 6.000 km mengarungi samudra Atlantic dengan lama perjalanan 40 hari lamanya.

Tiba di daratan Inggris Raya, Fiat Tipo langsung mengarungi 14 negara Eropa, termasuk di antaranya Belanda, Jerman, Perancis, Swiss, Austria dan Italia.

Perjalanan keliling dunia Fiat Tipo pun berakhir di kota Turin yang merupakan markas besar pabrikan berlogo Fiat itu.

Selama total keliling dunia, Fiat Tipo standar itu dikemudikan selama 400 jam lamanya dan diakui secara kenyamanan dan realibilitas terbilang apik.

"Selama perjalan cukup nyaman terlebih melewati berbagai macam rute dan lintasan serta kondisi alam yang berbeda-beda. Ternyata tak perlu persiapan khusus berkeliling dunia. Cukup kendarai Fiat Tipo sudah bisa berkelliling dunia," imbuh Okan Altan mempromosikan Fiat Tipo.

Perjalanan 133 hari Fiat Tipo mengelilingi dunia tak sekadar plesir melainkan juga menjajal kemampuan mobil standar menghadapi trayek berbeda di beberapa negara.

Cara unik dilakukan pabrikan Fiat menjajal kemampuan produknya dengan sekaligus plesir keliling dunia. 

Fakta Fiat Tipo

- Fiat Tipo merupakan produk sedan dengan varian 4 dan 5 pintu serta station wagon.
- Fiat Tipo yang diajak berkeliling dunia varian 4 pintu bermesin bensin
- Total perjalanan yang ditempuh Fiat Tipo 4 pintu dari Bursa (Turki) dan finish di Turin (Italia) menghabiskan 133 hari, 22 negara dan melewati 122 kota serta total menempuh 41.000 km.
- Jika tidak tertahan urusan birokrasi dari Meksiko ke Amerika Utara, lama perjalanan yang ditempuh bukan 133 hari melainkan 122 hari.
- Ditengarai pihak Fiat bila performa Tipo selama keliling dunia cukup apik di mana tidak ada kerusakan dan kendala berarti hanya dua kali ganti ban yang bocor dan perawatan berkala berdasarkan kilometer.  
- Lama perjalanan keliling dunia Fiat Tipo dimulai 13 Agustus tahun lalu dan finish tiba di Turin (6/2) lalu. (JLM/Otomotifnet.com)

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa