Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Soket Charger di Yamaha New V-Ixion, Cukup 10 Menit

Jumat, 24 Februari 2017 | 22:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Bekasi - Pernah mengalami kondisi lagi asyik-asyik riding tiba-tiba baterai gadget habis?. Padahal di saat bersamaan juga harus cari lokasi tujuan pakai aplikasi Google Maps. Pastinya nyusahin banget kan?. Solusinya adalah pasang soket charger untuk memasok ulang baterai gadget kita.

Nah, kali ini akan dicoba memasang usb charger di Yamaha New V-Ixion Lightning (NVL). Ya, jika dibandingkan dengan varian New V-Ixion Advance (NVA) Special Edition yang sudah dibekali usb charger, varian NVL memang tidak satu pun yang dibekali perangkat ini.

Untuk part usb charger-nya sendiri bisa memilih aksesori resmi Yamaha yang dibesut oleh Daytona. Harga part tersebut dibanderol Rp 200 ribu. Tentu sesuai dengan kualitasnya. Namun jika ingin harga yang lebih ramah di kantong, bisa berbelanja ke toko online. Harganya cukup Rp 44 ribu.

Seperti usb charger yang dipakai, merupakan hasil berburu di salah satu situs jual beli online. Produk ini didistribusikan oleh perusahaan Lancar Jaya. Dengan spesifikasi, input 12V dan output 5V 1500 mAh.

Untuk catatan, menurut Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ridwan Arifin, "Pemasangan usb charger perlu juga memikirkan beban listrik yang dipakai karena terkait suplai dari baterai (aki)". Jadi jangan memilih usb charger yang terlalu besar daya listriknya ya. 

Daripada penasaran, yuk simak langsung cara pasangnya. Dan yang paling penting, setelah terpasang jangan mengoperasikan gadget sambil riding. Berhenti dan menepi saat hendak menggunakan aplikasi Google Maps atau aplikasi komunikasi lainya.

Hati-Hati di jalan ya! (Otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
USB Charger terdiri dari USB Charger dan kabel penghubung ke aki
No caption
No credit
No caption
Langkah pertama pasang dudukan USB ke setang
No caption
No credit
No caption

Selanjutnya masukkan kabel penghubung ke aki melalui sela-sela tangki. Pastikan posisi kabel tidak terlalu kencang, agar tidak tertarik saat setang dibelokkan secara penuh. 

No caption
No credit
No caption
Lalu buka panel bodi kanan untuk memberi jalan keluar kabel
No caption
No credit
No caption
Selanjutnya kaitkan kabel yang telah dipecah jadi dua bagian dengan kutub + dan kutub - pada aki
No caption
No credit
No caption
Jangan lupa selipkan kabel pada 'sabuk pengikat' aki agar terlihat rapi
No caption
No credit
No caption
Port USB Charger siap digunakan. Tapi digunakannya saat motor sedang kondisi berjalan saja ya.
Biar makin mantap, pasang juga holder phone-nya sekalian. Harganya Rp 53.900.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa