Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Honda Mobilio Dilengkapi VSA dan HSA, Bagaimana Mengaktifkannya?

Fransiscus Rosano - Kamis, 2 Maret 2017 | 19:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu kelebihan yang didapat saat facelift, New Honda Mobilio menjadi class leading segmen Low MPV di bidang keselamatan atau safety.

Seperti yang Otomotifnet tulis sebelumnya pada artikel ini, dua fungsi unggulan yang tak dimiliki oleh kompetitor adalah VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist). Nah, tahukah cara menggunakannya?

Otomotifnet kini sedang mencoba langsung New Honda Mobilio RS CVT, keduanya ternyata mudah kok untuk diaplikasikan.

Vehicle Stability Assist

Untuk VSA (Vehicle Stability Assist), fitur yang berguna untuk menghindari mobil dari understeer, oversteer atau kehilangan traksi ini otomatis selalu aktif ketika mobil dinyalakan. Memang tak ada indikator yang menyala ketika VSA aktif, karena wujudnya selalu standby menunggu ketika terdeteksi kehilangan traksi.

Bila melewati medan minim traksi seperti tanah basa atau pasir, lalu berakselrasi kencang, biasanya baru lah indikator VSA yang berlogo mobil dan trek licin di instrument cluster berkedap-kedip. Saat menikung terlalu kencang dan terdeteksi adanya kehilangan traksi juga, indikator VSA ini akan berkedip.

Sedangkan VSA juga dapat diaktifkan, jika entah karena alasan tertentu anda menginginkan mobil sengaja untuk kehilangan traksi. Caranya, cukup tahan tombol berlogo VSA Off di ujung kanan dasbor selama satu detik dan indikatornya akan menyala di instrument cluster.

No caption
No credit
No caption
Tahan 1 detik tombol ini untuk mematikan VSA
No caption
No credit
No caption
Ketika VSA dinonaktifkan, indikator ini akan muncul di instrument cluster

Hill Start Assist

Untuk HSA (Hill Start Assist), fitur yang digunakan untuk mengerem mobil sesaat ketika kaki berpindah dari pedal rem ke pedal gas di tanjakan ini tidak memiliki indikator atau tombol sama sekali untuk diaktifkan.

Cara menggunakannya sangat mudah. Ketika berhenti di tanjakan, cukup injak pedal rem dan HSA akan otomatis aktif. Mobil akan menahan rem selama 2 detik kurang, sehingga pengemudi mendapatkan waktu untuk memindahkan kakinya dari pedal rem ke pedal gas tanpa mobilnya menggelinding turun.

Ternyata mudah banget kan?

Untuk mengaktifkan HSA, cukup injak pedal rem, saat dilepas maka mobil akan menahan rem sendiri sampai 2 detik kurang

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa