Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Dyno Test All New Yamaha R15 di Dynojet 250i, Berapa Power dan Torsinya?

Antonius Yuliyanto - Senin, 13 Maret 2017 | 18:05 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Jika sebelumnya OTOMOTIF sudah mengetes performa on wheel All New Yamaha R15 pakai dynamometer Dynamite milik Ultraspeed Racing di Daan Mogot, Jabar, kali ini unit yang sama dibawa ke Sportisi Motorsport, tentu kembali diukur tapi beda mesin, ini pakai Dynojet 250i.

Bukan tanpa alasan, karena OTOMOTIF biasa melakukan pengukuran di bengkel yang berada di Jalan Tenggiri, Rawamangun, Jaktim ini, termasuk rival All New R15 sehingga hasilnya bisa dibandingkan.

Jangan asal membandingkan hasil dyno, karena beda alat dynamometer pasti hasilnya akan beda, sama-sama satu merek pun kalau kalibrasinya berbeda hasilnya juga bisa berbeda jauh. Lalu seperti apa performanya di atas Dynojet 250i?

 

Baru 5 kali run ternyata didapat angka yang terbilang konsisten, perbedaan angka tenaga dan torsi tiap run sangat sedikit. Dan hasil terbaik didapat pada run ke-2. Tenaga maksimal 16,33 dk di 10.200 rpm dan torsi 12,58 Nm di 7.300 rpm.

Uniknya tepat di 7.400 rpm, di grafik terlihat ada semacam cekungan, yang tentu saja itu efek ketika VVA (Variable Valve Actuation) bekerja, memindah profil kem klep in dari yang rendah ke tinggi.

Dari grafik yang tersaji juga sangat menarik jika melihat torsinya, terlihat flat dari 4.000 rpm saat gas mulai dibuka sampai 9.500 rpm dan baru perlahan turun.
Pantas jika dari bawah tarikannya terasa ngisi terus.

Oiya seperti apa efek VVA jika diaktifkan dan dimatikan dengan dilepas soketnya? Simak di artikel berikutnya. Pasti penasaran kan! (Otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa