Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Civic Nouva 1988, Mesinnya Ngeri, Type R Inside

Parwata - Minggu, 9 April 2017 | 11:08 WIB
Modifikasi Honda Civic Nouva 1988 Type R Inside
KYN/otomotifnet
Modifikasi Honda Civic Nouva 1988 Type R Inside

Proyek modifikasi Civic Nouva paling mahal?

Otomotifnet.com - Ricky Dianto punya konsep unik dalam membangun Honda Civic Nouva-nya.

“Bagaimana caranya, Nouva ini punya tenaga dan feeling seperti Civic Type R,” buka Ricky. Kenapa Civic Type R?

“Soalnya sudah familiar dengan Type R, saya pakai Type R 2007 untuk mobil harian dan balap turing di Sentul pakai Civic FD ubah ke Type R juga,” jelasnya. 

Untuk mewujudkan konsepnya ini, ternyata tak semudah proses engine swap biasa. Itu lantaran Ricky tak hanya ingin memasukkan mesin K20-nya saja, namun seluruh komponen, elektrikal, harness, wajib pakai bawaan FD2 Type R. Mulai dari ECU sampai AC, semuanya harus utuh.

Keinginannya cukup beralasan, itu karena sistem wiring Civic FD2 Type R menggunakan teknologi CAN bus, yang seluruh komponennya terintegrasi.

“Karena CAN bus, akan repot kalau instalasi komponennya setengah-setengah, takutnya ada yang malfungsi,” kata warga Jakarta Utara yang ingin mobilnya berfungsi optimal.
 
AC Ikut Ganti

Akibat mempertahankan sistem wiring CAN Bus, sektor interior juga mengalami perombakan besar. Ini karena Ricky memboyong perangkat AC Civic FD2 Type R ke dalam kabin.
 
Dengan pertahankan AC bawaan, maka ECU tetap aman membaca data yang masuk. Tapi karena evaporator dan ekspansi FD2 Type R lebih gede dari bawaan Nouva, maka dasbor wajib dimodifikasi agar muat.

Selain itu, steering column juga ikutan mundur karena pakai FD2 Type R. Urusan kemudi ini juga bikin ribet. Karena Ricky mesti mengawinkan steering column FD2 Type R dengan steering rack Civic Nouva.

“Kalau ditotal-total, posisi setir dan dasbor mundur sekitar 30 cm,” terang pria ramah ini. Karena pakai wiring bawaan Civic Type R tahun 2007, switch AC, pengunci pintu serta alarm pun ikut terpasang.  

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa