Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Senang Fog Lamp Gaya Rally Style? Jangan Lupa Perhatikan Soketnya

Parwata - Sabtu, 18 Maret 2017 | 09:35 WIB

Jakarta - Punya mobil dengan gaya rally style, umumnya pakai aksesori fog lamp di bumper depan, bahkan beberapa juga pasang di belakang. Bagi yang ingin memasang fog lamp tambahan ini, ada kiat khusus yang disampaikan oleh Toto, pemilik bengkel R Speed (gbr.1).
 
Salah satunya adalah fokus pada soket dan ukuran kabel yang akan digunakan. Kabel yang digunakan biasanya tipe NYAF ukuran 1,5 mm (gbr.2). “Kalau panjang kabel itu paling pas 2 meter. Ini paling pas supaya tidak ada kabel yang menjuntai dan tidak kepanjangan,” kata Toto.

Pun saat ganti kabelnya, sebaiknya cari kabel sambungan yang setipe dengan soket dari merek fog lamp pilihan. Misal untuk merek IPF, maka kabel tambahan bisa didapat dengan harga sekitar Rp 780 ribu sepaket.

“Maklum, harga lampu bawaan aslinya saja mencapai Rp 3 juta (gbr.3),” sambung pebengkel yang bermarkas di dareah Cipinang, Jaktim ini. Plus, untuk menyalakan lampunya sebaiknya pakai relay. Sebab daya energi yang dikeluarkan lebih besar, dibandingkan menggunakan sakelar biasa.  

Mengenai perawatan, sebenarnya juga mudah. “Ditutup saja kalau sedang tidak dipakai, yang perlu dicek itu kabel dan soketnya,” kata Toto. “Paling kalau habis hujan, soket sebaiknya disemprot cairan antikarat (gbr.4). Soalnya kalau soket sampai berkarat, akan sangat mengganggu aliran listrik,” pungkas pria bertindik tersebut.
 
Untuk pilhan fog lamp, Toto menyarankan agar memilih yang bermerek Cibie atau Hella. Sebab kedua merek tersebut cukup terjangkau yaitu Rp 1,5 juta untuk sepasang lampu. Tapi jika untuk kompetisi, merek IPF dengan tipe 985RD bisa menjadi pilihan karena lebih terang dengan lampu bolam 65 Watt. * DAB/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa