Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bongkar Modifikasi Yamaha YZF-R15 Juara Kejurnas 150cc Seri Pertama, Nih Rahasia Raih Double Winner!

Parwata - Senin, 10 April 2017 | 10:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Baru pertama kali turun di Kejurnas 150 cc bersama tim baru langsung raih double winner di dua race yang digelar.

Luar biasa! Itu kata yang cocok untuk Richard Taroreh yang turun dengan Yamaha YZF-R15 membawa bendera Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci.

Di seri pertama lalu (18-19/3), Richard sukses meraih catatan waktu 1 menit 50,8 detik diatas R15 racikan Syafaruddin dari rumah modifikasi Kaboci. Tuner yang akrab disapa Achos Lalang ini mengaku persiapan yang baik jadi kunci utama langung raih juara.

“Kita sudah mempersiapkan motor ini dari jauh-jauh hari, makanya bisa dapat hasil yang maksimal,” bukanya dari workshop Kaboci di Jl. Raya Piyungan Prambanan, Yogyakarta.

No caption
No credit
No caption
Klep diperbesar jadi in 24 mm dan ex 21 mm

Yuk lihat mesinnya!

Ruang bakar tidak banyak berubah, masih pakai piston dengan bore standar. Tapi head-nya totally new, “Klep saya perbesar jadi in 24 mm dan ex 21 mm,” ungkap pria kelahiran Makassar yang mematok kompresi jadi 13,6:1 ini.

Dari wujud luarnya, terlihat jika bentuk lubang masuk dan buang sudah tak lagi standar, Achos lakukan perubahan drastis di sana. Masih soal suplai udara dan bahan bakar, noken as berdurasi in 265º dan ex 263º diandalkan.  

Throttle body pakai ukuran 34 mm. Menggunakan ECU aRacer RC Super air fuel ratio (AFR) dipatok 12,2:1 dan pengapian lebih maju 6̊. “Knalpot pakai SND, power jadi lebih plong dan tenaga terasa bengis mulai dari buka gas,” bebernya.

Untuk setingan kakinya, mekanik kelahiran tahun 1979 ini mengganti peleknya dengan Racing Boy berpalang lima, agar lebih enteng. Sektor rem masih mengandalkan kaliper standar yang dikawinkan dengan selang rem CLD serta disc floating aftermarket.

Luar biasa! (Sigit / Otomotifnet.com)

 

Data Modifikasi
Segitiga atas : SND
Setang : Underyoke SND
Steering damper : Aftermarket
Discbrake : Floating aftermarket
Selang rem : CLD
Footstep : SND
Throttle body : Aftermarket
Noken as : Custom by Kaboci
ECU : aRacer RC Super
Pelek : Racing Boy
Kaboci : 081281842640

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa