Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Daihatsu Hijet 1000 1984, Rat Rod Mini Truckin

Parwata - Kamis, 6 April 2017 | 13:35 WIB

Tampil unik dengan bodi banyak bekas kerokan catnya, bahkan ada yang sudah diserang karat parah, plus bagian buritan pakai bak dari kayu jati

Solo - Nyentrik, unik dan aneh, itu yang biasa terpikir saat melihat sosok pikap Daihatsu Hijet 1000, lansiran 1984 ini. “Lama ngendon di garasi, lalu saya coba hidupkan lagi. Namun harus tampil beda,” yakin Riyan Andi Surya, owner yang menggawangi sendiri prosesnya.

Konsep rat rod mini truckin sengaja dipilih. Ide ini terinspirasi karena melihat unit truk farmer Dodge tua, yang bak belakangnya berbahan kayu. Kesan klasiknya kental banget. “Saya anggap cocok buat diwujudkan di pikap ini, tapi ini versi mininya,” bilang Andi Brotch, sapaannya.

Tantangannya jelas banyak, paling krusial di setir. “Setir mesti saya sesuaikan, karena bodi kabin depan turun sampai 8 cm. Soalnya ngejar ceper di bagian depan. Macam mobil hot rod itu loh,” cerocos ayah satu putra ini.

Turunnya bodi ada konsekuensi sendiri. “Minusnya kaca jendela enggak bisa turun habis. Kan bagian bawah pintunya saya sesuaikan dengan bodi yang turun,” ujar warga desa Kacangan Gemolong, Sragen ini sambil garuk kepala.

Sektor interior juga penuh sensasi. Atap dilubangi buat ditanam sunroof custom, sebab ini bikinan Andi sendiri, yang bahannya dari kaca mobil. Bagian lantai juga ada yang dicoak, dipasang mika bening tebal  8 mm. Sehingga bisa intip permukaan aspal, ketika sedang jalan.

Pindah ke belakang, bak tersusun dari 9 lembar kayu jati. “Panjangnya 2 m dan tebal 2 cm, lebar 25 cm,” yakin pria berusia 33 tahun ini. Untuk menanam kayu jati tersebut, rangka dari besi kanal C10 ditanam. Lalu di sisi bak, ditanam kanal C 6x4.

“Batang kayunya saya baut payung biar kuat. Terbukti waktu pindahan rumah dari Solo ke Sragen kuat bawa barang,” bangga lulusan ATW Solo. Pintu bak juga terbuat dari kayu, lantas di ujung bak dekat dek pikap, ada tutup mesin.

Dibuat dari pelat yang diberi peredam panas. Lalu bagian atasnya dilapisi kayu. Satu lagi, sepatbor belakang dibuat mirip sepatbor anghang Willys. Bahannya dari pelat 1,8 mm. * Gombak/otomotifnet.com

Plus: Sukses tampil rat rod
Minus: Detail belum lengkap

Data Modifikasi
Ban: Dunlop SP 155/70R12
Pelek: Formula R12 inci, lebar 6,5 inci
Bak pikap: Kayu jati
Gril: Custom
Knalpot: Custom
Spot lamp: Variasi

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa