Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngopi Bareng Pembalap Rifat Sungkar. Bidik Offroad di Amerika

toncil - Minggu, 9 April 2017 | 11:55 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Kiprahnya sudah malang melintang. Baik di nasional dan juga internasional. Nyaris semua balap dicoba oleh Rifat Sungkar. Namun, kini Rifato, panggilannya lebih banyak mengorganisir dan membuat event. Selain itu, Rifat juga menjadi brand ambassador Mitsubishi. Sehingga sesekali memberi ‘kelas’ untuk pihak Mitsubishi tersebut. (Otomotifnet.com)

Biodata :
Nama    : Rifat Helmy Sungkar
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 22 Oktober 1978
Nama isteri    : Sissy Prescillia
Nama anak    : El-Mayka Rifat Sungkar, Mikkairo Riley Sungkar
Balap    : Reli

Oto : Sejak kapan ikut balap?
Rifat : Mulai ikut sejak 1996, waktu itu eventnya Mesran Sprint Rally. Berarti sudah 21 tahun lalu.

Oto : Apa faktor utama ikut balap, apakah karena didorong orangtua?
Rifat : Keluarga sendiri banyak yang menjadi pembalap, jadi sejak kecil memang sudah biasa dengan dunia balap dan berkeinginan menjadi pembalap. Ketika mulai balap juga tidak ada paksaan dari orangtua. Menjadi seorang pembalap ada beberapa tantangannya. Antara lain, bagaimana kita bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan prestasi yang kita miliki. Selain itu challenge lainnya, adalah bagaimana kita membuktikan bahwa pembalap itu adalah atlet.

Oto : Sampai saat ini sudah pernah ikut balap apa saja?
Rifat : Nyaris semua balap roda empat. Reli, drifting, speed off-road. Mulai kejuaraan nasional sampai internasional. Reli lainnya pernah ikut APRC (Asia Pasific Rally Championship), WRC (World Rally Championship) dan juga Rally America.

Oto : Balap apa yang paling mengesankan? Dimana?
Rifat : Semua balapan ada ceritanya sendiri. Salah satunya adalah ketika ikut Rally America dan berkompetisi dengan pembalap idola saya, Ken Block.

Oto : Konsentrasi balap saat ini?
Rifat : Dua tahun belakangan ini didaulat Pertamina sebagai Direktur Pertamax Motorsport untuk menggali potensi-potensi baru di dunia motorsport. Melalui Pertamax Motorsport program yang menggelar Pertamax Motorsport Championship dan juga punya tim Pertamax Motorsport. Saat ini saya juga masih terjun di speed off-road.

Oto : Sudah berapa lama jadi brand ambassador Mitsubishi? 
Rifat : Sampai saat ini sudah berjalan selama 4 tahun.

Oto : Dengan kesibukan saat ini, menjadi pembalap dan pegang RFT Management, bagaimana mengatur waktu dengan keluarga?
Rifat : Membagi waktu adalah masalah komitmen. Kegiatan saya banyak dilakukan waktu weekend. Dan komitmen saya, Senin adalah waktu libur, dan itu waktu bersama keluarga. Dengan demikian saya tetap punya waktu yang bagus dengan keluarga.

Rifat Sungkar ketika menang dalam event speed off-road

Oto : Balap apa yang paling diinginkan?
Rifat : Saat ini saya ingin ikut Offroad Racing Amerika. Kenapa? Karena balap ini dikemas dengan American style. Sama halnya dengan basket dan lainnya. Sebuah packaging offroad racing yang mempertontonkan kendaraan-kendaraan dengan tenaga besar, jumping yang tinggi serta tikungan high speed. Full entertaint.

Oto : Apakah akan mendorong anak supaya ikut jejak jadi pembalap?
Rifat : Tidak akan memaksakan, tapi akan memberi modal dasar. Caranya dengan belajar gokart sebagai ilmu dasar. Setelah itu, terserah kepada anak, mau ikut jejak saya atau istri. (Sissy, istri Rifat merupakan seorang artis-red).

Oto : Sampai saat ini, punya berapa baju dan sepatu balap? Ada yang paling istimewa?
Rifat : Kira-kira punya 15 pasang, sepatu dan baju balap. Masing-masing tentu punya warna dan cerita berbeda. 

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa