Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Radial Bisa Untuk Bebek dan Skutik? Ini Jawabannya

Dimas Pradopo - Kamis, 13 April 2017 | 19:33 WIB

Karawang - Kemarin (12/4) PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban sepeda motor IRC Tire di Indonesia dengan lisensi dan dukungan teknis dari Inoue Rubber Company (IRC) Jepang secara resmi meluncurkan ban sepeda motor radial tipe radial untuk motor sport. Bagaimana kalau ban radial juga dipakai di motor tipe bebek dan skutik, bisa kah?

"Bisa aja untuk skutik dan bebek namun harganya pasti akan sangat mahal. Lagipula ban tipe radial lebih enak untuk motor dengan tenaga besar dan punya kecepatan tinggi," ujar Arijanto Notorahardjo selaku EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk. 

"Apalagi kalau dipakai untuk pelan-pelan terlebih yang pakai adalah ibu-ibu yang sein kiri belok kanan, kan sayang banget bannya hehe..." candanya. 

Oekh karenanya ban radial terbaru IRC RMC 810 yang diluncurkan di Proving Ground Gajah Tunggal, di Karawang, Jawa Barat hanya tersedia untuk segmen motor 250 cc dengan ukuran 110/70 - 17, ukuran 140/70 - 17, dan 150/60 - 17. 

Bagi orang awam mungkin agak sulit untuk membedakan antara ban tipe bias atau radial, "Kecuali diangkat karena ban radial lebih enteng dan ada logo R atau Radial pada dinding ban," lanjut pria ramah ini. 

Perbedaan utama antara ban radial dengan ban bias radial terletak pada konstruksinya. Konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja. Sedangkan konstruksi ban bias bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon. 

Sedang keunggulan ban tipe radial diantaranya adalah, "Lebih enteng dan punya heat ressistenc build up lebih lama,

 juga lebih stabil untuk kecepatan tinggi," ungkap Arijanto. (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa