Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Setel Suara Klakson, Cuma Modal Dua Kunci!

Parwata - Selasa, 18 April 2017 | 08:39 WIB

Jakarta - Klakson buat bikers Indonesia jadi salah satu perangkat yang kinerjanya wajib prima. Terutama di jalan ramai seperti Jakarta, yang pengendaranya banyak yang suka main slonong entah menyebrang atau bahkan potong jalur, jadi suara “din-din” diperlukan untuk memberi peringatan. Bagaimana jika suaranya mendadak sember?

“Jika suara klakson sember atau mengecil, tenang bisa disetel kok,” saran Agustinus Purwanto dari bengkel Nero Speed. Menurutnya seiring usia motor memang suara klakson kelamaan bisa menurun, makanya mesti disetel ulang.

Meski begitu, sebelum menyetel, mekanik yang biasa disapa Agus ini mewanti agar sebelumnya cek dahulu kondisi aki. “Jika aki tidak sehat, tegangan kurang dari standar, maka juga bisa bikin suara klakson sember,” terangnya.

Bila kondisi aki prima bertegangan di atas 12 volt, maka bisa dilanjutkan menyetel klaksonnya.

“Alatnya cuma 2, kunci pas 5,5 dan obeng plus (gbr.1),” lanjut mekanik yang bermarkas di Bancarkembar, Purwokerto, Jateng ini.

Proses penyetelan ternyata mudah, pertama kendurkan mur pengunci pakai kunci pas ukuran 5,5 (gbr.2), kemudian minta bantuan teman untuk menekan tombol klakson (gbr.3).

“Lalu putar perlahan bautnya (gbr.4) untuk cari suara yang paling nyaring,” terang mekanik 37 tahun ini. Jika sudah ketemu suara ternyaring, tinggal kencangkan mur penguncinya. Beres deh!

Mudah banget kan? Diiiiinnn... Aant/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa