Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Motor Ganteng Saat Libur Lebaran, Baca Nih Panduan Perawatan Bodi : Cuci, Keringkan dan Poles!

Sabtu, 24 Juni 2017 | 13:39 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bodi motor jika dibiarkan tanpa dirawat maka kelamaan akan kusam dan tidak sedap dipandang. Apalagi di musim yang tidak jelas seperti sekarang, dari panas terik bisa tiba-tiba hujan deras. Makanya perawatan wajib dilakukan lebih intens.

Bagaimana sih cara merawat bodi motor yang benar? Menurut Tomi Gunawan, dari bengkel Tomi Airbrush yang juga menerima perawatan bodi motor dan mobil, langkah pertama tentu saja harus dicuci bersih. 

“Gunakan shampo khusus untuk mencuci motor atau mobil, dan usahakan di tempat teduh agar setelah kering tidak menimbulkan bercak dan jamur halus. Lalu setelah selesai langsung dilap pakai kanebo sampai kering,” wanti Tomi. 

Langkah kedua setelah kering adalah pemolesan pakai wax. “Banyak merek wax, seperti KIT, 3M, Turtle Wax, Meguiars dan sebagainya,” terang pemilik gerai yang berlokasi di Duri Kepa, Jakbar ini. Funsinya untuk menghilangkan noda, baret halus, noda aspal yang menempel sampai bercak jamur sehingga bodi motor kinclong kembali.

Cara melakukan pemolesan dengan menuangkan wax secukupnya ke permukaan bodi, kemudian ratakan dengan tangan. “Tunggu sampai agak mengering, kemudian gunakan lap microfiber atau kain halus untuk mengelapnya,” lanjut Tomi. 

(BACA JUGA : Bongkar Up Side Down All New Yamaha R15, Kanan Kiri Beda Konstruksi, Apa Keunggulannya?)

(BACA JUGA : Mau Beli Moge Honda? Ini Daftar Harga Juni 2017, Mulai Rp 130 Jutaan)

Untuk motor warna hitam ternyata ada polesan khususnya. “Sebaiknya memang pakai polesan khusus yang untuk warna hitam. Karena ini akan membuat warna hitam lebih keluar dan klimis.
 
Ada 3 tahapan untuk ini, pertama mengoleskan yang namanya Pre-Wax Cleaner, lanjut mengoleskan Blend Wax, dan terakhir Spray Detailer. Meskipun cat masih standar pabrik, dijamin jadi klimis,” papar Anwar tukang poles di bengkel JDM Project. 

Bagaimana dengan bagian lain seperti mika lampu? “Kalau kusam pada mika bagian luar masih bisa dibuat bening lagi.  Tapi kalau yang menguning dari dalam agak sulit, karena mika harus dibuka terlebih dahulu.

Cara pemakaiannya dengan meratakan cairan pembersih menggunakan lap halus pada mika lampu, dan tunggu 5 sampai 10 menit kemudian lap kering menggunakan lap microfiber,” tutup Anwar yang ngebengkel di Jl. Jatiwaringin Raya No. 1A, Jaktim.  Dan berikut perlengkapan untuk melakukan perawatan bodi. Aant/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
3M Car Wash Soap Gold Series

3M Car Wash Soap Gold Series

Tahap pertama tentu saja mencuci agar bersih dari kotoran, nah yang utama pastinya butuh shampo yang bisa juga pakai untuk mobil, misal 3M Car Wash Soap Gold Series ini. 

Kelebihan yang ditawarkan punya pH netral dan diklaim mampu mengangkat noda membandel. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 45 ribuan/botol yang bisa dicampur dengan air 100 liter. Nah bisa untuk mencuci berkali-kali tuh!

No caption
No credit
No caption
Aion Plas Chamois

Aion Plas Chamois

Selesai mencuci langkah selanjutnya pasti mengeringkan, makanya butuh plas chamois atau kanebo. Salah satu pilihannya ada merek Aion asal Jepang ini. Bahannya lembut dan menyerap air dengan baik. Harganya hanya sekitar Rp 60 ribu saja.

No caption
No credit
No caption
Turtle Wax-Clean and Shine Microfiber

Turtle Wax-Clean and Shine Microfiber

Salah satu alat utama dalam memoles adalah kain microfiber, yang mana punya sifat yang sangat lembut sehingga tidak merusak permukaan cat. Salah satu pilihannya ada merek Turtle Wax yang dijual cukup terjangkau, normalnya sekitar Rp 110 ribu, tapi bisa didiskon jadi hanya Rp 89 ribuan. 

KIT Motor Paste Wax

KIT Motor Paste Wax

Langkah terakhir agar bodi semakin kinclong poles pakai wax, salah satu yang sangat terjangkau produk KIT khusus motor ini, harganya hanya sekitar Rp 13 ribu. Fungsi lain untuk menghilangkan baret dan melindungi cat motor. 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa