Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Gratis Kemenhub 2017 Siap Angkut 44.721 Sepeda Motor Dan 208.435 Penumpang

otomotifnet.com - Kamis, 18 Mei 2017 | 19:27 WIB

Jakarta- Pada masa Angkutan Lebaran 2017, program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis sebagai program kolaborasi antara Kementerian Perhubungan, BUMN dan mitra kerja akan mengangkut 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang.

“Oleh karena itu, kami mengimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, gunakanlah mudik gratis ini,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan resminya di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (18/5).

Menhub menambahkan, jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan.

Yaitu naik 57% untuk jumlah penumpang dan naik 155% untuk jumlah sepeda motor dengan total anggaran sejumlah Rp. 90 milyar.

Dengan program Angkutan Sepeda Motor Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, Menhub memaparkan, untuk  moda jalan, sepeda motor yang akan diangkut sejumlah 3.510 dan 54.900 penumpang.

Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh 2 ferry. Yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang.

Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh 2 ferry tersebut 5.000 dan 10.000 penumpang. Sedangkan moda laut, akan dilayani oleh 3 kapal Ro-Ro menuju Semarang yang akan mengangkut 16.000 sepeda motor dan 32.000 penumpang.

Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

“Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis,” ujar Menhub.

“Selain diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, sejumlah BUMN dan mitra kerja juga turut menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis,” ujarnya menambahkan.

Secara keseluruhan, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang. (Otomotifnet.com/MAS)                       

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa