Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Mobil Kuartal 1 2017, Segmen LCGC Masih Paling Ngegasss!!!

Otomotif R4 - Rabu, 31 Mei 2017 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sudah terbaca sejak akhir tahun lalu, bahwa 2017 menjadi milik LCGC (Low Cost Green Car) yang merajai pangsa pasar mobil nasional. Terbukti, kuartal pertama jualan mobil di segmen tersebut paling moncer. 

Berdasarkan data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor  Indonesia (Gaikindo), LCGC terhitung dari Januari – Maret berhasil terjual 64.224 unit. Dibanding periode yang sama tahun lalu LCGC membukukan angka penjualan 41.301 unit, artinya  selisih 22.923 unit atau setara 35,7 persen.

Tahun ini pun tampaknya LCGC masih moncer setelah hadirnya sejumlah model pendatang baru. Sebut saja duet Calya-Sigra dan Agya-Ayla terbaru, keduanya menyediakan mesin 1.200 cc. Sebagai gambaran, segmen LCGC tahun lalu berhasil membukukan angka penjualan sebesar 235.180  unit.

No caption
No credit
No caption
Data Penjualan

Tahun ini menjadi pertaruhan, mengingat segmen LCGC punya 7 model. Diantaranya Toyota  Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go dan G+, serta  Suzuki Karimun Wagon R.

Hanya bermodal 7 model, LCGC bisa meraup angka penjualan paling signifikan. Bahkan mampu  bersaing dengan segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), yang telah mengukuhkan angka jualan  sebesar 71.986 unit periode Januari-Maret 2017.

Dibanding periode yang sama tahun lalu  sebesar 63.015 unit atau selisih 8.971 unit, pertumbuhannya setara 12,4 persen. Nah, berdasarkan perbandingan segmen LCGC dengan LMPV, faktanya LCGC terus memperluas pangsa  pasarnya. Yups, bayangkan betapa gemuk segmen pasar LCGC yang hampir sejajar dengan LMPV. 

No caption
No credit
No caption
Data Penjualan

Walau segmen LMPV masih menduduki peringkat teratas, namun LCGC berhasil menempel ketat  penjualannya. Nah, bukan mustahil jika LCGC perlahan bisa menyalip jualan LMPV yang pangsa pasarnya dinilai  mulai naik kelas, karena positioning harganya yang memang tidak murah lagi. Diam-diam, pangsa  pasar LCGC siap menjadi ‘raksasa’ baru. LCGC paling kencang ‘ngegass’, sementara segmen  lainnya terlihat langsam. Harryt/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Data Penjualan

Tren ‘Crossover’ Sebagai bagian Inovasi    

Belakangan pabrikan mulai cari celah untuk mempertahankan pangsa pasar. Salah satunya adalah beramai-ramai mengusung konsep crossover pada produk terbarunya.  Hal ini diakui sebagai bentuk inovasi demi merangkul kembali selera pasar. Alhasil, segmen  pasar yang terlihat tak seksi dimata konsumen, bisa kembali dilirik kembali.

Tren crossover diawali merambah pada segmen LSUV dengan hadirnya Honda BR-V dan HR-V 1.5L  makin memperkuat pangsa pasar LSUV. Lalu segmen city car, kini muncul Suzuki Ignis yang  diklaim sebagai city car bercita rasa SUV. 

Selanjutnya, tahun ini juga menjadi tonggak sejarah lahirnya LMPV berkonsep crossover dari  Mitsubishi. Nama persisnya masih dirahasiakan, namun bentuknya diklaim pakai semboyan XM Concept.

Toyota Calya – Daihatsu Sigra Sudah ‘Mengacak-acak’ Pasar

Toyota Calya – Daihatsu Sigra Sudah ‘Mengacak-acak’ Pasar

Kiprah duet maut Toyota Calya dan Daihatsu Sigra cukup membuat pangsa pasar LCGC terdongkrak. Sejak Juli 2016, keduanya memang telah diincar konsumen yang mendambakan LCGC 7 seater

Kontribusi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang dikategorikan LCGC jilid II, mampu menyalip jualan LCGC jilid I. Berdasar data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo), jualan Calya-Sigra selama periode Januari-Maret 2017 mencapai 36.832 unit.

Dibanding jualan LCGC Jilid I (Januari-Maret 2017) yang terdiri dari gabungan 5 merek,  sebesar 27.392 unit. Artinya sumbangan duet Calya-Sigra cukup besar, meninggalkan jualan LCGC  jilid I yang terdiri dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go dan Go+, Honda Brio Satya,  serta Suzuki Karimun Wagon R. 

Secara total, kontribusi Calya-Sigra digabung dengan LCGC jilid I mencapai 64.224 unit.  Adapun rata-rata penjualannya masih sama seperti tahun lalu, yakni 8.000-9.000 unit per bulan.  Sesuai prediksi Toyota, yang pasang target pada angka tersebut ketika peluncurannya.

“Untuk Calya, di 2016 kemarin rata-rata penjualannya 8000-9000 unit per bulan. Di 2017, kelihatannya hanya berkisar 7.000-8.000 unit saja, karena sudah post launching,” terang Franciscus  Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM).

Hal senada juga diutarakan oleh Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor  (ADM), bahwa kontribusi Sigra cukup signifikan. Bahkan menjadi volume maker kedua di bawah  jualan LMPV. “Pasar LCGC tahun ini akan tumbuh, paling tidak menyamai tahun lalu,” terang  Amelia, yang ditemui pada awal tahun ini di sela media gathering.

Fenomena duet Calya-Sigra juga diakui Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relation  Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). “Kita harapkan tahun  ini bisa lebih tinggi lagi,” bebernya.

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa