Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini ECU Buat CBR250RR yang Lebih Wow dari HRC!

Antonius Yuliyanto - Minggu, 21 Mei 2017 | 09:24 WIB
Dispplay ECU MoTeC C125
Aant
Dispplay ECU MoTeC C125

Sentul - Menghadapi Kejurnas IRS 250 cc Honda menyebar ECU berlabel HRC ke tim-tim yang disponsorinya.

Namun ternyata ada yang pasang ECU lain buat All New Honda CBR250RR yang speknya lebih wow dari HRC! Yaitu MoTeC M1 Series!

Tepatnya adalah MoTeC GPR-M130, ECU asal Australia ini terpasang di CBR250RR tunggangan Sudarmono dari tim Astra Motor Racing Team (ART) Jakarta.

Menurut Ade Rahmat, mekanik ART, dipilihnya ECU ini salah satunya karena sudah familier pasang MoTeC di mobil balap sejak 1997, dan untuk seri ini bisa untuk motor dengan throttle by wire (TBW) seperti bawaan CBR250RR.

Tidak hanya itu, ECU ini juga sangat fleksibel mengikuti semua kebutuhan motor dan mekaniknya.

“Apa saja yang mau disetting semua tergantung mekanik, bisa buat dulu pakai MoTeC Build. Ini juga include data logger,” terang Ade.

Dispplay ECU MoTeC C125
Aant
Dispplay ECU MoTeC C125
ECU MoTeC M130 untuk CBR250RR ini harganya Rp 40 juta lebih

Maka jangan heran banyak sensor tambahan yang terpasang, contohnya sensor suspensi, tekanan rem depan, tekanan oli dan GPS tentunya.

Nah, mengenai manajemen mesin, bisa dibilang sangat detail.

Bukan hanya atur fuel, ignition, kalibrasi TBW-nya, bahkan sensor oksigen pun pakai 2, jadi tiap leher knalpot dikasih satu sensor.

“Karena kebutuhan bensin juga beda tiap silinder,” lanjut Ade. Dengan begitu tentunya settingan bisa sangat detail hingga lebih maksimal.

Makin wow pemasangan di motor Sudarmono juga dilengkapi dengan MoTeC display seri C125. Serasa lihat besutan Superbike ya?

Yang ditampilkan sangat lengkap sesuai kebutuhan di balap, contohnya takometer, suhu air mesin, tegangan battery, TPS, timing pengapian, lambda dan sebagainya.

Wow banget kan? Ini salah satu komponen yang mengantar Sudarmono akan start dari posisi 6 di race hari Minggu (21/5). (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa