Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Transmisi Matik di Jip 4x4, Pahami 6 Poin Ini Sebelum Ngegas

otomotifnet.com - Minggu, 2 Juli 2017 | 11:16 WIB
Cara pakai 4x4
Rindra/otomotifnet
Cara pakai 4x4

Otomotifnet.com  - Pada awalnya, produksi jip 4x4 sebelum pertengahan 1990-an didominasi transmisi manual karena permintaan pasar.

Dari situlah timbul mindset, kendaraan 4x4 tangguh itu bertransmisi manual. 

“Padahal tidak begitu kenyataanya,” ucap Farid Muzauni, pemilik bengkel Oto Design di Pejaten, Jaksel. Sekarang, sudah banyak jip 4x4 menggunakan transmisi matik. Perkembangan teknologinya pun canggih dan jauh lebih ‘tahan banting’.

“Bahkan beberapa jip balap sekarang pun, sudah menggunakan transmisi otomatis,” ucap Wawan Dalbo, off-roader kawakan yang baru menjajal dunia speed off-road. Tentu ini bakal menguntungkan saat dipakai off-road.

Selain lebih nyaman, pengemudi jadi lebih praktis menghadapi suguhan obstacle di trek off-road yang berat.  

Yuk, simak tips pakai matik di dunia off-road. (Otomotifnet.com/Rindra)

Cara pakai 4x4
Rindra/otomotifnet
Cara pakai 4x4

1. Cara Penggunaan 4x4

Secara prinsip, kerja transmisi otomatis tidak berbeda dengan manual. Yaitu memindahkan gigi agar menyesuaikan beban mesin dan laju kendaraan. Cuma berdasarkan tekanan hidrolis dan diatur ECU. “Namun, pengemudi tetap punya andil besar mengendalikannya,” ucap Farid.
 
Umumnya transmisi otomatis pada kendaraan 4x4 memiliki 4 percepatan maju. Dan tanda untuk gigi maju pada stick matik biasanya D-2-1 (beberapa kendaraan pakai tanda ‘L’) atau D-3-4-2-1. Inilah yang harus dimanfaatkan baik-baik saat off-road.

Oh iya, sebagai tambahan, jangan lupa untuk memindahkan tuas transfer case pada posisi gigi Low atau ‘L’ (4x4 Low). Selain meringankan kerja transmisi matik, juga menghindari kejadian yang tidak diinginkan di dalam trek off-road. 

Cara pakai 4x4
Rindra/otomotifnet
Cara pakai 4x4

2. Jaga Momentum

Perhatikan tanda di tuas tadi. Itu adalah perintah agar matiknya menggunakan gigi persneling yang kita inginkan. Contohnya, saat butuh momentum panjang seperti hendak melewati handicap lumpur atau tanjakan. 

Posisikan tuas di angka 2, maka transmisi akan memindahkan gigi maksimal ke gigi 2 dan bila kekurangan tenaga, akan pindah ke gigi 1. 

“Transmisi tidak akan pindah ke gigi 3 atau 4, yang justru merepotkan di kondisi seperti itu,” tutur Dicky Sulaiman yang sudah bertahun-tahun off-road pakai transmisi matik.

“Keuntungannya, perpindahan gigi ini hanya sepersekian detik. Jadi tidak akan menghilangkan momentum,” ucap Dicky.  

Cara pakai 4x4
Rindra/otomotifnet
Cara pakai 4x4

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa