Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Panduan Tentukan Bahan Bakar Yang Tepat, Jangan Bingung Lagi!

Kamis, 1 Juni 2017 | 21:22 WIB

Jakarta - Memberi asupan bahan bakar untuk motor kesayangan memang nggak bisa sembarangan. Harus sesuai dengan pedoman dan kebutuhan supaya bahan bakar menghasilkan kinerja optimum, emisi rendah, dan keandalan mesin yang tinggi.

Lalu bagaimana cara menentukan bahan bakar yang cocok untuk motor kita? Pertama tentu saja cek terlebih dahulu rasio kompresi motor kita. Bisa tengok buku manual, atau jika ingin lebih mudah bisa akses langsung informasinya di website resmi APM. Langkah selanjutnya mudah saja.

"Kalau kita berpedoman pada rasio kompresi, kira-kira rumusnya begini. Kurang dari 9, pakai RON 88 Premium. Antara 9 sampai 10, pakai RON 90 Pertalite," terang Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, peneliti dari ITB.

"Selanjutnya, antara 10 sampai 11 pakai RON 92 Pertamax, antara 11 sampai 13 pakai RON 98 Pertamax Turbo. Sedang di atas 13 gunakanlah Pertamax Racing," lanjut ilmuwan yang akrab disapa Yus.

Nilai oktan atau RON menjadi penting karena makin tinggi oktan maka bensin tidak mudah terbakar sebelum waktunya. Kompresi tinggi dan suhu tinggi bisa membuat bensin terbakar lebih dulu sebelum dipantik busi. Efeknya, tenaga loyo dan boros BBM.

(Baca juga: Hasil Tes Dyno All New Yamaha R15, Torsi Flat Yang Bikin Tarikan Ngisi Terus!)
(Baca juga: Sekarang Eranya VVA, All New Yamaha R15 Unggul Performa dan Efisiensi di Semua Putaran Mesin)

Nah, jika menggunakan bahan bakar yang tepat untuk kendaraan kita, maka efek-efek tersebut akan diminimalisir dan bisa dirasakan efek-efek positif.

"Contoh mudahnya suara mesin jadi halus, lebih bertenaga, tarikan enteng, terus konsumsi bahan bakarnya juga irit," pungkas Yus. (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa