Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketika Mesin 6 Silinder 4.000 cc Dirasa Kurang Nendang, Jeep YJ 1995 Ini Ganti LS3 V8 Kapasitas 6.200 cc Keluaran Chevrolet. Edann...!

otomotifnet.com - Jumat, 14 Juli 2017 | 11:28 WIB
No caption
No credit
No caption

Semarang - Yup, Semarang Sleeper… kalimat pertama yang terlintas ketika pertama melihat Jeep Wrangler YJ klimis milik Mr. PS, inisial dari empunya yang enggan dituliskan nama aslinya. 

Saat OTOMOTIF janjian untuk pemotretan di Semarang, Jawa Tengah, sekilas penampilan Wrangler YJ keluaran 1995 berkelir putih ini tidak banyak ubahan. Tampilan luar masih layaknya YJ standar keluaran pabrik, hanya pelek comotan dari Cherokee 2001 saja yang menjadi pembeda.

Sedikit janggal saat melihat buritan, sepasang tail muffler lansiran Borla mencuat dari kiri dan kanan. Ternyata, sepasang knalpot itu bukan hiasan. Tapi memang mesin 6 silinder segaris 4.000 cc bawaan sudah berganti V8 keluaran Chevrolet seri LS3, berkapasitas 6.200 cc. Edann!!

Mesin

Konon alasan engine swap ke LS3, karena sang pemilik kerap nonton video Jeep bermesin V8 di YouTube. “Asyik juga kalau punya Jeep seperti itu,” celetuk Mr. PS. Beruntung, dia kenal dengan Widodo sang pemilik bengkel ProRock.

Karena ini bukan kali pertama Widodo ‘bangun’ jip dengan mesin V8. Kebetulan engine swap mesin memang salah satu keahliannya, dan sangat fasih dengan tipe mesin Chevrolet LS.

No caption
No credit
No caption
Mesin V8 Chevrolet LS3

Mendapatkan permintaan YJ disematkan mesin LS pun bukan masalah besar baginya. “Awalnya saya pilih mesin tipe LS1, karena rasanya sudah cukup. Tenaga 345 dk rasanya cukup buat badan kecil Wrangler YJ,” ucap Mr. PS. Segondol mesin LS1 pun langsung fiting ke dapur pacu YJ.

Namun saat pengerjaan sudah berjalan 50%, Mr. PS mulai galau. Dia merasa tanggung dengan mesin yang biasa digunakan Chevrolet Camaro ini. “Saya konsultasi dengan Widodo, kalau sepertinya belum puas kalau belum lebih dari 400 dk,” celetuknya.

Beruntung, Widodo tidak mempersalahkan keinginan Mr. PS dan masih menyimpan satu unit mesin baru Chervrolet LS3. Mesin yang biasa digunakan juga pada Chevrolet Chorvette Z06. 

“Mesin ini memang lebih bertenaga ketimbang LS1, dan sesuai dengan keinginan si pemilik. Karena tenaganya 430 dk dan torsi 575 Nm,” tutur Widodo.

First Impression

Pastinya penasaran juga dengan performa YJ, OTOMOTIFNET pun bergegas menuju seputaran kota lama Semarang di daerah Tanjung Mas, untuk cari lokasi pemotretan. Kesempatan duduk langsung di YJ mesin LS3 ini pun tidak mau disia-siakan.

Sayang kondisi jalan terus padat saat masih di perkotaan, tapi ini tidak mematahkan rasa penasaran. Sampai akhirnya ruas jalanan kosong terlihat di depan. Tanpa menunggu aba-aba, pedal gas hanya diinjak sedikit oleh Mr. PS.

Seketika itu juga raungan khas mesin V8 terdengar menggelegar, dan kepala serta punggung melesak seperti terhisap oleh jok. Oke, boleh juga... melihat ukuran ban masih dalam taraf wajar, tidak sebanding dengan tenaga mesin.

“Lumayankan? Tapi rasanya masih kurang ya. Rencana saya setelah ini mau ganti lagi mesin yang lebih galak,” celetuk Mr. PS. Benar saja, menurut info satu unit mesin Chevrolete LSA Supercharger sudah disiapkan ProRock untuk dipasang ke tunggangan Mr.PS, mantap! 

Bodi

ProRock Engineering, merupakan bengkel yang biasa membuat jip off-road dengan spesifikasi high end. Tapi urusan eksterior, Mr. PS justru berpesan agar YJ miliknya dibuat standar dari luar.

Melihat permintaan tersebut, tentu bukan masalah buat Widodo Teguh, sang owner ProRock. “Berhubung permintaan tampil klimis, saya cukup merapihkan saja sosok YJ seperti aslinya,” jelas Widodo.

Tampak tidak ada perangkat tambahan yang menarik perhatian. “Beberapa tambahan lainya pun minor, hanya lampu sorot KC dan tail lamp pakai merk TruckLite,” tutur Widodo.

Semakin enak dipandang berkat pelek comotan Cherokee Country 2001, dikombinasi ban BF Goodrich All-Terrain. Terpasang di Wrangler YJ, ganteng maksimal.  (Otomotifnet.com/Rindra)

Data Modifikasi

Mesin    : Chevrolet V8 LS3
Transmisi: TH400
Gardan    : OEM Jeep YJ Dana 30
Sokbreker: Bilstein
Pelek    : OEM Jeep Cherokee 2001
Ban    : BF Goodrich All-Terrain T/A K0, 235/70/R16
Aki    : Oddysey Extreme
Bengkel    : ProRock Engineering  Jl. A. Yani No. 312 Pabelan, Kartasura – Solo T. 0811 263 2121

Jeep YJ 1995 tampil klimis mesin tenaga mesinnya sangar

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa