Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW 'Dakota' Double Cabin 1965 & 'Kombi' Panel Van 1972. Dua Spesies Langka Yang Sukses Direstorasi Oleh Kakak Adik Ini

otomotifnet.com - Selasa, 18 Juli 2017 | 21:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kakak adik, Bagus Suryo Nugroho Brianto dan Bagas Prakoso Brianto ini punya seorang ayah yang pecinta Volkswagen Type 2 sejati. 

Bambang 'Cingur' Abrianto, sang ayah memang sejak lama aktif di dunia Volkwagen, khususnya di Indonesia. Selain aktif, ia memiliki koleksi VW langka. 

Kini, Bagus dan Bagas bertugas meneruskan hobi sang ayah. Beruntungnya, mereka juga hobi dengan Volkswagen.

Seperti sang bapak, Bagus dan Bagas paham informasi mengenai seputar besutannya ini. 

Apa saja yang menarik dan bagaimana cerita uniknya, lanjut bacanya.  (Otomotifnet.com/Rendy)

VW Type 2 Double Cabin 1965

Yang pertama adalah Tipe Bus generasi pertama yang bodinya, double cabin atau disebut crew cab pick up. Baknya tipe flat bed dengan kabin tambahan dan dua baris jok. Biasa disebut juga dengan Doka, diambil dari bahasa Jerman, yakni Doppelkabine.

No caption
No credit
No caption
“Basic-nya model king pen sama spindle. Jadi kita tak bisa ubah banyak. Sokbreker ganti sama Boge Automatic, yang biasa diapaki di Mercy Boxer,” kata Bagus. Biar pakem, pakai booster rem AGE

 

Bicara langka tipe ini. “Mungkin hanya sekitar 12 unit yang masuk Indonesia, dari baru dan gres dari Jerman. Sebagian setir kiri atau LHD. Sekarang yang jalan dengan kondisi baik sekitar 6 unit,” jelas Bagus lagi. 

"Dapat mobil ini sebenarnya sudah lama. Ini warisan almarhum eyang, dari mulai ayah saya SMA sampai nikah, itu kondisi jalan dan sehat dibawa ke luar kota. Lalu setelah itu lama diam,” kata Bagus, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah ini. 

Setelah ‘ngejogrog’ lebih dari 15 tahun, mobil ini pun dihidupkan kembali. Istilah Bagus, direstorasi dari nol lagi, lantaran kondisi bodi sudah rusak parah. 

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa