Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang GP Jerman, Waduh! Michelin Lagi-lagi Pasok Ban Asimetris Depan & Belakang

Kamis, 29 Juni 2017 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

Jerman - Ajang MotoGP telah memasuki paruh musim pertama di sirkuit Sachsenring, akhir pekan ini (30/6-2/7).

Lintasan yang merupakan sirkuit paling pendek di kalender MotoGP musim ini dengan jarak 3,671 km menjadi tantangan tersendiri dengan total ada 13 tikungan, 10 ke kanan dan 3 kiri, membuat pemasok ban asal Prancis, Michelin, memasok ban kering terdiri dari 3 kompon ban (soft, medium dan hard) dengan karakter asimetris untuk semua ban dengan sisi bagian kiri dibikin lebih keras untuk menghadapi tekanan melibas 10 tikungan kiri.

Plus Michelin memasok ban kering depan dan belakang masing-masing terdiri dari dua kompon (soft dan medium) dengan karakter asimetris untuk ban belakang kompon medium dengan bagian kiri ban dibuat lebih keras.

Seluruh pembalap akan menghadapi tantangan tersendiri lantaran lapisan aspal Sachsenring baru dilakukan pengaspalan ulang.

No caption
No credit
No caption
Sachsenring selain baru diaspal ulang kondisi cuaca juga sulit diprediksi, tahun lalu balapan dimulai dalam kondisi basan dan finish di keadaan kering

Alhasil, seluruh tim dan pembalap kontestan MotoGP baru akan mengoleksi data dan setting terhitung latihan bebas Jumat (30/6).

"Sachsenring selalu jadi tantangan tersendiri karena desain sirkuitnya dan tahun ini makin bertambah tantangannya karena pengaspalan ulang."

"Kami belum memiliki data aspal baru ini seperti apa dan nggak sempat melakukan pengetesan karena waktu yang terlalu sempit untuk melakukan uji coba sehingga kami benar-benar buta menghadapi ronde di Sachsenring ini."

"Ditambah trek Sachsenring ini juga memiliki keunikan di mana kondisi cuaca yang juga kerap sulit diprediksi."

"Meski demikian, kami optimistis alokasi ban untuk GP Jerman ini dapat memenuhi keinginan para pembalap," beber Piero Taramasso selaku Manajer Roda Dua Michelin Motorsport.

Singkat cerita, GP Jerman bakal menyuguhkan laga yang seru di mana pembalap dalam waktu yang singkat dan kondisi cuaca tak menentu harus bisa mendapatkan opsi ban yang sesuai.

Pembalap yang mampu memilih dan memperlakukan ban dengan apik, maka memiliki kans besar menjadi juaranya. (otomotifnet.com)

Michelin memasok tiga kompon berbeda untuk pilihan ban depan-belakang di mana konstruksi semua asimetris bagian kiri lebih keras

ALOKASI KARET HITAM DI GP JERMAN
Michelin Power Slick (Trek Kering)
Depan

Soft (Setrip Putih) – Asimetris, bagian kiri lebih keras
Medium (Tanpa Setrip) – Asimetris, bagian kiri lebih keras
Hard (Setrip Kuning) – Asimetris, bagian kiri lebih keras
Belakang
Soft (Setrip Putih) - Asimetris, bagian kiri lebih keras 
Medium (Tanpa Setrip) - Asimetris, bagian kiri lebih keras
Hard (Setrip Kuning) - Asimetris, bagian kiri lebih keras

Michelin Power Rain (Trek Basah)
Depan
 
Soft (Setrip Biru)
Medium (Tanpa Setrip)
Belakang
Soft (Setrip Biru) 
Medium (Tanpa Setrip) - Asimetris, bagian kiri lebih keras

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa