Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Melongok Lagi First Drive All New Honda Civic Hatchback Turbo Tipe E, Kenyamanan Berbalut Style

Senin, 21 Agustus 2017 | 10:27 WIB

Jakarta - Kita kembali lagi ke momen first drive Honda Civic Hatchback Turbo dari PT. Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu di mana OTOMOTIF menjajal varian E, kasta tertinggi seharga Rp 438 juta (on the road DKI).  
 
Begitu kunci smart key di tangan, kami mencoba menyalakan mesin dari luar mobil. Selain punya tombol lock dan unlock, ada tombol hold di bagian bawah.
 
Ini fungsinya untuk menyalakan mesin dari luar. Simpel, mesin sudah nyala dan AC aktif mendinginkan kabin sebelum kita masuk. Caranya juga mudah, cukup pencet tombol lock sekali, lalu pencet tombol hold sekitar 5 detik.Dan, mesin pun langsung menyala selama 10 menit.
 
Sekilas membandingkan eksterior tipe E dengan yang versi di bawahnya (tipe S), kasta tertinggi ini sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Baik di head lamp dan juga fog lamp. Selain terang, LED juga irit listrik.Apa saja yang bisa dieksplor? Simak cerita berikut. * Rendy/otomotifnet.com
 
Interior
 
Masuk kabin, kesan sporty terasa begitu duduk. Ukuran jok empuk dan bagian sampingnya lebih tebal, mirip semi bucket. Jok berbahan kulit, sehingga kenyamanan lebih baik dibandingkan model S yang masih berbahan fabric.
 
Kabin tipe E didominasi bahan leather alias kulit. Mulai dari jok baris depan dan belakang, konsol tengah, shift knob serta setir. Jok pengemudinya punya 8 penyetelan secara elektrik, begitu juga dengan jok penumpang depan (4 penyetelan). Versi teratas ini juga raih poin safety maksimal dengan penyematan 6 titik airbag. 
 
Pada interior bagian depan, tak banyak perbedaan yang bisa dijelaskan secara kasat mata, kalau dibandingkan dengan model sedan. Hanya pengaturan jok elektrik di jok penumpang depan dan head unit yang berbeda.
 
Head unit 7 inci touchscreen Kenwood-nya belum sempat kami eksplorasi secara lebih jauh, namun yang pasti punya teknologi koneksi dengan ponsel tanpa menggunakan kabel. 
 
Jok empuk bagian belakang juga dilapis bahan kulit. Dibandingkan tipe sedan, ruang jok belakang sedikit dikurangi. Ini kemungkinan lantaran secara total panjang keseluruhan, hatchback ini disunat 112 mm. 
 
Namun begitu, sama sekali tidak mengurangi kenyamanan, lantaran jarak kaki dengan jok bagian depan masih sangat lega, walaupun terpangkas sekitar 3,5 cm. 
 
Driving Impression
 
Nama besar Civic yang cenderung sebagai driver’s car sepertinya tetap dipertahankan. Posisi duduk di depan, sengaja disetel ekstra-rendah. Setir dual pinion EPS barunya, bikin akurasi setir lebih tajam. 
 
Memang tak bisa maksimal menjajal perfoma dapur pacu 1.500 cc, DOHC, VTEC dengan turbonya, lantaran jalanan sekitar Senayan yang padat saat itu. Walau begitu driving feeling-nya mirip dengan Civic sedan. 
 
Respon mesin yang diklaim bertenaga 171 dk, saat berakselerasi mengagumkan. Civic Hatchback turbo tidak tersedia dalam pilihan transmisi manual. Transmisi CVT yang halus dan cenderung linear, membantu menyamarkan lag turbo saat kickdown dari putaran rendah.
 
Tampilan yang sporty dengan hatchback-nya, tak membuat sistem suspensinya ikutan sporty (baca: cenderung keras). Ini berkat suspensi multi-link yang menggantikan double wishbone lamanya pada kaki-kaki belakang. Walhasil, suspensi bisa dikatakan lembut. 
 
Modulo
 
Untuk personalisasi, Honda menyediakan aksesori Modulo untuk menambah kesan sporty. Aksesori Modulo meliputi front under spoiler, rear under spoiler, side under spoiler dan tailgate spoiler. 
 
Data Spesifikasi: 
 
Mesin: L15B, 4 silinder segaris, DOHC, direct injection, VTEC, single-scroll turbocharger
Kapasitas: 1.498 cc
Rasio Kompresi: 10,6:1
Tenaga Maksimum: 171 dk @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum: 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm
Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Transmisi: CVT dengan EarthDreams dan Paddle Shift
Dimensi (p x l x t): 4.501 mm x 2.075 mm x 1.421 mm
Radius Putar: 5,3 m
Ground Clearance: 133 m
Sistem Kemudi: Dual Pinion Electric Power Steering
Suspensi Depan: MacPherson Strut
Suspensi Belakang: Multi Link 
Rem Depan/Belakang: Cakram Ventilasi/Cakram dengan ABS, EBD, BA, BOS
Rem Parkir: Electrik Parking Brake dengan Auto Brake Hold
Ban: Bridgestone Potenza, 215/50R17
Kapasitas Tangki: 47 liter 
Harga: Rp 438 juta (on the road Jabodetabek)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa