Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enam Alasan Kenapa CEV Moto3 Disebut Kejuaraan Dunia Junior, Poin Enam Bikin Nggak Percaya

Senin, 10 Juli 2017 | 14:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Valencia - Pentas balap roda dua kelas Moto3 di pentas FIM CEV Repsol disebut juga Junior World Championship (Kejuaraan Dunia Junior) atau beda setingkat dengan Moto3 di ajang MotoGP.

Pemilihan atau penentuan FIM CEV Repsol Moto3 sebagai Junior World Championship bukanlah tanpa sebab.

Biar lebih jelas lagi berikut ini beberapa alasan yang membuat pentas FIM CEV Repsol Moto3 jadi referensi pembalap muda sejagad.

No caption
No credit
No caption
Promotor yang menghelat FIM CEV Repsol Moto3 ternyata promotor yang sama menggelar MotoGP, yaitu Dorna

1. PROMOTOR KEJUARAAN SAMA DENGAN MOTOGP

Dorna merupakan promotor kejuaraan balap motor dunia paling bergengsi, MotoGP, juga merupakan penyelenggara atau promotor pentas balap FIM CEV Repsol yang statusnya sebagai kejuaraan dunia junior di mana dengan status promotor yang sama, maka kualitas penyelenggaraan tidak berbeda jauh dengan MotoGP

2. DELAPAN PUTARAN MAYORITAS DIGELAR DI TREK YANG SAMA DENGAN MOTOGP

FIM CEV Repsol Moto3 musim ini berlangsung dalam 8 putaran yang terdiri berlangsung di sirkuit Albacete; Le Mans; Barcelona-Catalunya; Valencia, Estoril, Jerez, Motorland Aragon dan Valencia lagi. Di mana dari 6 lintasan yang jadi host FIM CEV Repsol Moto3 juga menjadi host MotoGP dengan begitu, pembalap ditempa mengenal karakter trek yang didaulat jadi tuan rumah pentas MotoGP.

No caption
No credit
No caption
Dari Total 8 Ronde CEV Moto3 tahun ini, enam putaran digelar di sirkuit yang juga menjadi host MotoGP

3. TOTAL KONTESTAN TERBANYAK HINGGA 46 ENTRANT

Melihat jumlah peserta yang ambil bagian FIM CEV Moto3 wajar bila pentas disebut Junior World Championship karena diikuti hampir 50 peserta tiap serinya, atau lebih tepatnya 46 pembalap untuk putaran 4 di Valencia (9/7) lalu dengan total negara yang ikut ambil bagian adalah 14 negara, yaitu Australia, Belanda, Cina, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kazakhstan, Malaysia, Meksiko, Prancis, Spanyol dan Swiss.

4. PESERTANYA BERASAL DARI EMPAT BENUA

Kontestan FIM CEV Repsol Moto3 komplet datang dari empat benua yaitu dari Australia, Asia, Amerika dan Eropa. Tinggal satu benua yang tidak ikut, yaitu Afrika.

5. AJANG PEMBIBITAN TIM MOTOGP

Bila melihat entry list pembalapnya dan menengok team entrant, maka nama timnya tidak asing dengan tim yang berkompetisi di MotoGP, termasuk Moto2 dan juga Moto3 seperti Reale Avintia Academy, Leopard Junior Team, Team VR46 Riders Academy, Junior Team Estrealla Galicia 0,0 dan lainnya.

6. SPANYOL KIBLAT PEMBALAP MOTOGP ITU BENAR
Inilah kalimat yang selalu dan sering didengar kalau ingin meniti karier menjadi pembalap MotoGP maka harus memulainya ikut kejuaraan di Spanyol dan FIM CEV Repsol Moto3 menjadi bukti di mana sebelum didaulat jadi Junior World Championship, level kejuaraan setara dengan kejurnas balap motor Spanyol dan sesuai perkembangan zaman level kejuaraan di Spanyol jadi parameter pembalap bisa menembus jenjang karier ke MotoGP mulai dari kelas Moto3, Moto2 hingga MotoGP. (otomotifnet.com)

Pembalap yang ikut serta di ajang ini tak hanya berasal dari Eropa, melainkan dari mancanegara dan total dari empat benua

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa