Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih, Buat Yang Ingin Upgrade Kualitas Audio Mobil Kesayangan Biar Enak Dinikmati!

Parwata - Kamis, 27 Juli 2017 | 20:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Satu-satunya jalan membuat diri senyaman mungkin di kabin, salah satunya dengan meng-upgrade sistem audio ke arah high end. Terlebih, kondisi traffic kota besar di Indonesia saat ini semakin banya macetnya. 
 
Untuk itu, ada dua opsi, pertama membiarkan instalatur yang memilih komponen terbaik sesuai anggaran. Kedua, Anda memilih sendiri dan membayar ongkos pasang ke instalatur pilihan.
 
Bila Anda memilih opsi kedua, OTOMOTIF mencoba mencari opsi komponen audio paling hits di pasaran saat ini.  Kita mulai dari HU dan paket loudspeaker + amplifier, sebagai ujung tombak reproduksi suara di kabin. otomotifnet.com/Fab
 
 
Double DIN Hires
 
Tren saat ini adalah HU 2DIN dengan kemampuan multimedia lengkap. Pilihan paling ideal, bukan hanya mampu memainkan semua format musik dan video popular, tapi juga dilengkapi fasilitas lengkap seperti built-in power, serta prosesor sederhana.
 
Ada dua tipe yang paling menonjol beberapa bulan belakangan ini. Yakni Kenwood DDX9017S dan Pioneer AVH-X8850BT. Selain fitur, kelebihan keduanya karena mampu memainkan file audio FLAC, yang belakangan sedang digemari kalangan penyuka audio hires. 
 
Asyiknya lagi, sudah dilengkapi crossover aktif, EQ 13 band dan time alignment. Pengaturan suara pun jadi maksimal.  Soal harga, karena mewakili jajaran tertinggi di lini brand-nya, maka banderolnya pun tinggi, yakni di kisaran Rp 8 hingga Rp 10 juta, termasuk pemasangan.
 
Pastikan juga mobil butuh tambahan frame atau tidak. Frame yang berkualitas bagus, harganya berkisar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta.
 
No caption
No credit
No caption
 
Kenwood DDX9017S
 
Belakangan banyak digemari karena kemampuan memutar file audio hires. Tapi beberapa instalatur juga memilihnya karena karakter suara basnya yang jelas dan tegas. Dilengkapi DAC berkatagori high end, sehingga detail dan resolusinya jempolan.
 
Layar 7 Inch LED Capacitive Touch Screen
EQ 13 band 
Bluetooth A2DP 
Air Mirror Link, menampilkan beberapa aplikasi di handhone Anda. 
Android Auto, menggunakan aplikasi Google seperti Google Maps, Google Play Music, dialer ponsel Anda, dll. Anda bisa mendapatkan Aplikasi Android Auto di Google Play. Android Auto tersedia dengan ponsel Android yang menjalankan 5.0 (Lollipop) atau lebih tinggi. 
Apple Car Play yang membantu menggunakan fitur Maps, Message, iTunes dan beberapa aplikasi lainnya dengan aman. Hanya butuh kabel charger adaptor bawaan iPhone. Apple Car Play kompatibel dengan iPhone 5 dan yang lebih tinggi.
 
No caption
No credit
No caption
Pioneer AVH-X8850BT
 
Teddy J Lim (Niki Motor-BSD), “Salah satu head unit pertama yang dapat memainkan file audio FLAC. Kasta tertinggi untuk double DIN dari Pioneer. Kualitas suaranya terbaik, dengan fitur lengkap.”
 
Double-DIN DVD Multimedia AV Receiver
7 inci WVGA Touchscreen Display
MIXTRAX
Built-in Bluetooth®
Dual USB, SD Card Slot, 
Direct Control for iPod/iPhone dan beberapa jenis Android Phones
 
Speaker Set
 
No caption
No credit
No caption
Ekonomis
 
VOX Research Diofona DF6EL (Speaker 2 way + amplifier 4 chanel Rp 1,7 juta) Dijual sepaket dengan amplifier semerek, sehingga menjadi komposisi pas dengan upgrade head unit. Keandalan speakernya sudah terbukti di arena kompetisi, dan amplifiernya pun bertenaga besar serta bersuara bersih. (VOX: 0822-3650 1112)
 
No caption
No credit
No caption
 
Sedang
 
Ministry Of Sound (MOS 6.52 + amplifier PCA MX-4200 Rp 2,5 juta) Didesain dengan crossover pasif khusus untuk nearfield seperti dalam kabin, ditambah amplifier yang sangat bertenaga dengan 4 x 70 watt pada 4 ohm, jadi pasangan tepat upgrade. (Nexindo: 021-451 5158)
 
No caption
No credit
No caption
 
Opsi Advance
 
Bila memiliki dana lebih dan menuntut upgrade lebih berkualitas, dua produk baru ini menjadi jawabannya. Baru diperlihatkan di Indonesia pada akhir Mei lalu.  
Prosesor Zapco Z8 IV Hires
 
Diklaim sebagai salah satu prosesor car audio dengan suara terbaik saat ini. Produk yang baru resmi dipasarkan sekitar Agustus-September ini (perkiraan harga sekitar Rp 8-10 juta), menggunakan teknologi DAC/ADC terkini, yang memiliki distorsi sangat kecil, yakni kurang dari 0,005% bahkan pada input analognya. Biasanya distorsi kecil hanya pada input digital. 
 
Tapi, yang membuatnya istimewa adalah prosesor CS5368 24 bit 192 mHz High End Delta-Sigma Analog to Digital Convertor, dipadu chip DSP Cirrus 47048C yang sangat senyap, Anda dapat mendengarkan olahan musik hires hingga sampling rate 192 kHz dan kedalaman 32 bit! Suara bersih, dan bertenaga dengan output hingga 5 volt RMS.
 
Zapco memang pemain lama di bidang car audio, dan kualitasnya sudah terkenal. Beberapa produknya menjadi pilihan favorit car audiophile sejak tahun 1980an.  Dengan munculnya prosesor ini, tampaknya Zapco kembali menancapkan kuku di industri car audio, khususnya kelas high end. 
 
 
Amplifier Dynaudio Esoamp 600.4
 
Amplifier empat kanal yang dibanderol Rp 35 juta ini menjadi kejutan besar bagi penggemar audio. Sebab, Dynaudio selama ini hanya spesialis loudspeaker, mereka tak pernah membuat amplifier atau perangkat audio lain. Namun, khusus untuk car audio, mereka menyiapkan Esoamp 600.4 ini.
 
Amplifier ini dibuat sebagai jawaban atas banyaknya penggemar yang mencari amplifier yang tepat untuk Dynaudio mereka. 
 
Tenaga sangat besar (150 watt x 4 @ 4 ohm) dan distorsi sangat kecil (0,05%), dipadu dengan respons frekuensi yang ekstrem, dari 10 Hz menjulang hingga 30 Khz, menjamin tak ada detail suara yang tersembunyi!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa